Senin, 23 April 2018 04:30 WITA

Empat Kiat Menjaga Suara Bagi yang Hobi Bernyanyi

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Empat Kiat Menjaga Suara Bagi yang Hobi Bernyanyi

RAKYATKU.COM - Setiap hari kita pasti menggunakan suara, baik untuk sekedar berbicara, maupun untuk bernyanyi dengan teman-teman atau dengan keluarga.

Tubuh yang tidak fit dan suara yang serak tentunya akan sangat mengganggu bagi teman-teman yang memiliki hobi bernyanyi.

Menurut Norman Hogikyan dan rekan-rekannya dari University of Michigan Helath System, suara menggambarkan kepribadian dan emosi manusia kepada orang lain.

Lalu, bagaimana, ya, tips bagi teman-teman yang hobi bernyanyi supaya suara kita tetap sehat?

1. Rutin Minum Air Putih

Minum air putih sangat wajib untuk menjaga tubuh supaya tidak terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan Selain itu, minum air putih membantu melancarkan saluran pencernaan dan mampu menjaga kestabilan suara ketika bernyanyi.

2. Istirahat yang Cukup

Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan mulailah berbicara dengan cara tidak berteriak-teriak.

Ketika kita sudah merasakan sakit tenggorokan, sebaiknya kita mengistirahatkan suara. Caranya dengan berbicara seperlunya untuk sementara.

Dilansir laman Bobob, selain tidak enak didengar, bernyanyi ketika serah bisa merusak pita suara kita. 

3. Jangan Lupa untuk Menyanyi dengan Lepas

Sebaiknya, pada saat kita menyanyi kita tidak memaksakan suara atau teriak. Bernyanyilah dengan santai dan lepas. Carilah posisi yang nyaman saat teman-teman sedang menyanyi.

4. Pemanasan dan Latihan Pernapasan

Pernapasan dan latihan pengaturan pernapasan sangat baik. Jika teman-teman tidak latihan pernapasan, dapat menyebabkan cedera pada pita suara.  

Tags