Sabtu, 31 Maret 2018 16:04 WITA

Anji ke Fans EXO: Jangan Fanatik Sampai Jadi Buta Hati dan Logika

Editor: Mulyadi Abdillah
Anji ke Fans EXO: Jangan Fanatik Sampai Jadi Buta Hati dan Logika
Sumber Foto: Instagram Anji

RAKYATKU.COM - Polemik dugaan plagiat lagu terbaru boyband asal Korea Selatan, Exo, yang berjudul "Someone Like You" masih saja menjadi buah bibir para warganet. 

Lagu itu disebut-sebut mirip dengan lagu milik Anji, "Kekasih Terhebat" yang dirilis pada 2011 lalu.

Anji pun merespon pembicaraan di dunia maya itu. Ia lalu meminta pendapat para netizen melalui postingannya di akun Instagram, Jumat (31/3/2018).

• [video] LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. . Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. . Sekarang saya bertanya.. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat? . Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain. . Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini. . . Oh iya, ini lagu KEKASIH TERHEBAT yang saya nyanyikan dalam versi Bahasa Mandarin, feat @mingbridges . . #TuliskanPendapatmu #TanpaPerluMarah

Sebuah kiriman dibagikan oleh Anji MANJI (@duniamanji) pada

Postingan ini menuai komentar netizen. Mayoritas penggemar EXO tak terima sang idolanya disebut plagiat.

Anji pun tak tinggal diam. Ia lalu membuat postingan baru untuk para penggemar Exo pada Sabtu (31/3/2018). 

• [video] FANS EXO YANG GARANG. Saya awalnya ketawa baca komentar yang ngatain. Tapi kok banyak yang nyumpahin mati. . Contohnya ini. Anaknya masih kecil. Saya sudah cek identitasnya dan memang dia ngefans sekali sama EXO. Selain dia, yang nyumpahin saya mati banyak banget. Banyak yang pake akun bodong, ada juga yang pake akun asli. . Tadinya saya mau santai saja menanggapinya. Kemarin juga pas mereka marah-marah di kolom komen (sampe lebih dari 50k), saya lagi seru nonton konser Chainsmokers bareng anak-anak saya. . Tapi kok rasanya mereka berlebihan mengarah kelewatan. Fans EXO yang garang-garang itu perlu belajar tentang kesopanan. Apalagi mereka banyak yang masih kecil. Dan yang disumpahin mati ini adalah Musisi Indonesia loh. Mungkin mereka gak ngefans, tapi mungkin saja saudara, kakak bahkan orangtuanya menikmati musik saya. . Lucunya, mereka ngata-ngatain dengan ALASAN YANG SALAH. Mereka salah memahami ketika membaca caption saya. Postingannya masih saya biarkan tanpa edit, silakan dibaca dengan baik. . Tidak ada yang bilang EXO plagiat. Malah saya coba memberi pandangan kalau kadang sebagai Musisi, menulis lagu yang mirip dengan lagu orang itu bisa terjadi. Bahkan judul video saya adalah PERTANYAAN bukan PERNYATAAN. Apakah MIRIP = PLAGIAT? Bukan MIRIP = PLAGIAT. Lalu saya meminta pendapat tentang hal itu. . Intinya, kalau ngefans sama Musisi janganlah fanatik sampe jadi buta hati dan logika. Ada lagu Musisi Indonesia mirip sama lagu Musisi luar, Musisi Indonesia dikatain. Ada lagu Musisi luar mirip sama lagu Musisi Indonesia, Musisi Indonesianya juga yang dikatain. . Terima kasih buat EXO-L yang meminta maaf lewat komen ataupun DM saya, atas kegarangan teman-temannya. Semoga kalian makin bisa menghargai orang lain dan semangat kekompakan buat nge-bully orang bisa diarahkan ke hal-hal lain yang bisa bikin idola kalian bangga.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Anji MANJI (@duniamanji) pada

"FANS EXO YANG GARANG. Saya awalnya ketawa baca komentar yang ngatain. Tapi kok banyak yang nyumpahin mati.

Contohnya ini. Anaknya masih kecil. Saya sudah cek identitasnya dan memang dia ngefans sekali sama EXO.
Selain dia, yang nyumpahin saya mati banyak banget. Banyak yang pake akun bodong, ada juga yang pake akun asli.

Tadinya saya mau santai saja menanggapinya. Kemarin juga pas mereka marah-marah di kolom komen (sampe lebih dari 50k), saya lagi seru nonton konser Chainsmokers bareng anak-anak saya.

Tapi kok rasanya mereka berlebihan mengarah kelewatan.
Fans EXO yang garang-garang itu perlu belajar tentang kesopanan. Apalagi mereka banyak yang masih kecil. Dan yang disumpahin mati ini adalah Musisi Indonesia loh. Mungkin mereka gak ngefans, tapi mungkin saja saudara, kakak bahkan orangtuanya menikmati musik saya.

Lucunya, mereka ngata-ngatain dengan ALASAN YANG SALAH.
Mereka salah memahami ketika membaca caption saya. Postingannya masih saya biarkan tanpa edit, silakan dibaca dengan baik.

Tidak ada yang bilang EXO plagiat. Malah saya coba memberi pandangan kalau kadang sebagai Musisi, menulis lagu yang mirip dengan lagu orang itu bisa terjadi. Bahkan judul video saya adalah PERTANYAAN bukan PERNYATAAN. Apakah MIRIP = PLAGIAT? Bukan MIRIP = PLAGIAT. Lalu saya meminta pendapat tentang hal itu.

Intinya, kalau ngefans sama Musisi janganlah fanatik sampe jadi buta hati dan logika. Ada lagu Musisi Indonesia mirip sama lagu Musisi luar, Musisi Indonesia dikatain. Ada lagu Musisi luar mirip sama lagu Musisi Indonesia, Musisi Indonesianya juga yang dikatain.

Terima kasih buat EXO-L yang meminta maaf lewat komen ataupun DM saya, atas kegarangan teman-temannya. Semoga kalian makin bisa menghargai orang lain dan semangat kekompakan buat nge-bully orang bisa diarahkan ke hal-hal lain yang bisa bikin idola kalian bangga".

Berita Terkait