Senin, 05 Maret 2018 08:45 WITA

Angkat Kearifan Lokal, Kadis Pariwisata Sulsel Apresiasi Film Badik

Penulis: Nur Izzati
Editor: Andi Chaerul Fadli
Angkat Kearifan Lokal, Kadis Pariwisata Sulsel Apresiasi Film Badik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Inisiatif sekelompok anak muda yang tergabung dalam rumah produksi Manggala Cinema, untuk mengangkat kearifan budaya Bugis-Makassar dalam film pertamanya "Badik", mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan.

Salah satunya datang dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Musaffar Syah.

"Manggala Cinema mengambil langkah yang sangat kreatif dan mulia, karena mengangkat kearifan lokal di wilayah Sulawesi Selatan," ujarnya saat menghadiri launching syuting film Badik, di area Pasar Segar, Minggu (4/3/2018) malam.

Menurutnya, kreativitas seperti ini perlu mendapat dukungan dari pemerintah setempat. Ia pun mengaku, pihaknya akan membantu dalam proses penggarapan film yang mengambil lokasi syuting di wilayah Sulsel tersebut.

"Selain memberikan rekomendasi kegiatan dalam film ini, kita juga akan bantu promosikan kepada masyarakat luas," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, melalui film yang mengangkat kearifan lokal, masyarakat bisa mendapatkan edukasi terkait sejarah budaya dan nilai-nilai sakral yang terkandung dalam tema yang diangkat.

"Banyak cara untuk menyampaikan sebuah informasi dan edukasi, salah satunya melalui film. Jadi, dengan film yang dikemas dengan alur cerita yang menarik, masyarakat bisa tahu bagaimana sejarah budaya kita. Tentu pemerintah merespon baik, film yang mengangkat kearifan lokal," paparnya.

Diketahui, film ini menggabungkan beberapa genre, yakni drama, action dan slasher. Adapun artis dan aktor ternama yang terlibat yakni Qausar Hartayudhana, Mike Luckok, Geisya Shandi, Dony alamsyah dan Prisia Nasution.

Foto. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel, Musaffar Syah, menggunakan Clapper Board, saat launching syuting Film Badik.