Sabtu, 24 Februari 2018 14:28 WITA

Forum Seniman Bonsai Sulsel: Bonsai Adalah Seni!

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Forum Seniman Bonsai Sulsel: Bonsai Adalah Seni!

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Guna meningkatkan semangat karya seniman bonsai, Forum Seniman Bonsai Sulsel (FSBS) menggelar Sosialisasi Paraga Bonsai, di Aula Ir. Liorang Lologau, Fakultas Teknik Industrasi UMI, Sabtu (24/2/2018).

Seniman Bonsai, Gridar O mengungkapkan, kegiatan ini merupakan model baru yang dibuat oleh FSBS. Sebelumnya, kegiatan-kegiatan yang dilakukan berupa kegiatan eksibisi bonsai. FSBS sendiri merupakan bagian dari Komunitas Seniman Bonsai Indonesia (Kosbi).

"Ini merupakan seminar pertama kita. Jadi disini kita menggunakan metode dengan pemberian materi, dan pengembangan skill," kata Gridar.

Seminar ini terlihat berbeda dengan kegiatan serupa lainnya. Karena, pihak FSBS menghadirkan puluhan jenis tanaman bonsai dari berbagai daerah, sebagai bentuk pendekatan dan dramasasi terhadap alam.

"Selain diskusi, kita juga menyediakan bonsai, untuk memperlihatkan kepada para peserta, bagaimana menuangkan ide pada sebuah pohon bongsai. Kita rubah paradigme tentang bonsai. Ini adalah seni, bukan hanya sekedar pohon," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, pada seminar kali ini, pihaknya menghadirkan seorang seniman bonsai yang namanya tak asing lagi bagi kalangan peminat dan seniman pohon bonsai, yakni Jeni Bonsai.

Gridar berharap, penyelenggaraan kegiatan ini bisa meningkatkan sumber daya dan skill seniman bonsai, utamanya yang ada di Sulawesi Selatan.

"Semoga peserta bisa mengedepankan media pembelajaran bonsai secara ilmiah, nyata dan aktual," bebernya.

Paraga Bonsai ini dihadiri oleh komunitas seniman bonsai dari berbagai daerah di Sulsel, beberapa diantaranya yakni Gowa, Takalar, Jeneponto, Makassar, Maros, dan beberapa daerah lainnya. Kegiatan ini digelar selama dua hari, mulai 24-25 Februari, besok.