Jumat, 23 Februari 2018 15:45 WITA

Sponsor Content

13 Fakta Unik Seputar Dunia Kosmetik

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
13 Fakta Unik Seputar Dunia Kosmetik

RAKYATKU.COM - Industri kosmetik terus meningkat setiap tahunnya. Nggak heran, mengingat sekarang ini perempuan sudah mulai mengenakan kosmetik meski masih berusia remaja. Tidak hanya pandai dalam mengaplikasikan riasan sederhana seperti kosmetik mata maskara dan eyeliner, kebanyakan perempuan juga terbilang ahli dalam mengaplikasikan kosmetik wajah kontur yang tergolong cukup sulit dan membutuhkan teknik make up khusus.  

Namun, jika kita perhatikan beberapa tahun lalu, umumnya make up hanya digunakan oleh orang dewasa saja. Jarang sekali ditemukan anak sekolah yang berdandan menggunakan berbagai kosmetik di wajahnya. Perbandingan yang cukup jauh berbeda, bukan? Bagaimana jika dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu, ya? Biar nggak penasaran, yuk, simak fakta unik seputar dunia kosmetik berikut ini!

1. Larangan Memakai Lipstik Merah
Pada zaman 1940-an kaum perempuan dilarang untuk memakai lipstik merah meski sedang berlakon dalam suatu film. Menariknya, artis cantik Elizabeth Taylor adalah satu-satunya wanita yang diizinkan untuk memakai lipstik merah. 

2. Makeup Digunakan oleh Perempuan Usia Muda
Ternyata seiring berkembangnya zaman, kosmetik wajah telah populer digunakan oleh kalangan perempuan usia muda. Tercatat, 60% dari gadis 12 tahun telah menggunakan kosmetik. 

3. Kata Kosmetik Berasal dari Yunani
Tahukah kamu? Meski kata kosmetik berasal dari bahasa Yunani, tapi faktanya orang Mesir yang pertama kali menggunakan kata tersebut.

4. Bedak Geisha dari Kotoran Burung
Geisha adalah seniman penghibur tradisional Jepang yang identik dengan riasan wajah putih serta kosmetik bibir berwarna merah darah. Menariknya, riasan putih yang dipakai oleh Geisha bukanlah bedak biasa, melainkan olahan kotoran burung bulbul dan dipercaya dapat membantu melawan kerutan wajah. 

5. M.A.C Didirikan oleh Pria
Jika perusahaan kosmetik biasanya identik dengan perempuan, tapi beda halnya dengan perusahaan kosmetik ternama M.A.C. Faktanya, M.A.C didirikan pada tahun 1985 oleh dua orang pria bernama Frank Toskan dan Frank Angelo. 

6. Lintah Sebagai Alat Kosmetik
Zaman sekarang, kita mengaplikasikan bedak untuk memberikan efek putih pada wajah. Namun, pada zaman dahulu, perempuan menggunakan lintah untuk membuat kulit mereka tampak lebih putih atau pucat. Terkesan cukup ekstrim, ya!

7. Bedah Kosmetik di Korea Selatan
Kalau fakta yang satu ini mungkin sudah pernah kamu dengar sebelumnya. Sampai saat ini Korea Selatan masih tercatat sebagai negara dengan tingkat tertinggi bedah kosmetik di seluruh dunia. 

8. Menghilangkan Bintik Wajah dengan Urine
Saat skin care belum ditemukan, perempuan zaman dulu menggunakan bahan-bahan menjijikan seperti urine dan lemak buaya untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah mereka. 

9. Menggunakan Getah Tanaman Belladonna pada Mata
Aksi yang tergolong  cukup ekstrem ini dulunya dilakukan oleh wanita Romawi yang bertujuan untuk memberi kesan agar pupil mata terlihat lebih besar dan seksi. Tentu saja cara ini tidak bertahan lama, mengingat getah spesies tanaman belladonna sangatlah beracun. 

10. Coco Channel Mengubah Perspektif Berjemur
Berbeda dengan zaman sekarang, beberapa tahun yang lalu, kulit hitam akibat berjemur kerap dikaitkan dengan seorang pekerja lapangan atau masyarakat kelas bawah. Namun, Coco Channel berhasil merubah perspektif tersebut dengan mempopulerkan pakaian renang atau bikini. Penemuan yang patut diacungi jempol, ya! 

11. Ketiak Berbulu Hal yang Biasa
Pada tahun 1915, perusahan Wilkinson Sword Razor membuat gebrakan dengan menunjukkan foto seorang wanita sebagai sampul majalah Harper’s Bazaar dengan ketiak berbulu.

12. Harus Meminta Izin untuk Mengenakan Kosmetik
Fakta ini memang terkesan sulit dipercaya. Di Morrisville, Pennsylvania, perempuan harus meminta izin terlebih dahulu sebelum mengenakan kosmetik di wajahnya. Untungnya, peraturan ini tidak digubris oleh masyarakat setempat. Meski begitu, sampai saat ini peraturan unik tersebut tidak pernah dicabut. 

13. Tar Batu Bara sebagai Maskara
Sebelum ditemukannya berbagai produk kosmetik mata, pada era Elizabeth, perempuan umumnya menggunakan tar batu bara sebagai pengganti maskara dan eyeliner. 

Itu dia beberapa fakta unik seputar dunia kosmetik. Kira-kira fakta unik mana yang paling menarik perhatianmu?