Rabu, 07 Februari 2018 18:14 WITA

Film Dilan 1990 Dituding Penganut Syiah

Editor: Adil Patawai Anar
Film Dilan 1990 Dituding Penganut Syiah

RAKYATKU.COM - Film Dilan 1990 mulai mendapat kritikan miring. Hal itu terlihat dari unggahan instagram Pidi Baiq, yang merupakan penulis skenario film Dilan 1990.

Di unggahannya Pidi Baiq mengungkapkan bahwa ada tuduhan bahwa Dilan penganut Syiah, di mana para penganutnya tidak mempercayai kepemimpinan tiga khalifah pertama dalam Islam. 

Tudingan itu bermula karena dalam film Dilan 1990 terdapat poster Imam Khomeini di kamar Dilan yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan. 

"Mengenai adanya tuduhan itu, saya langsung bertanya kepada Dilan, apakah benar kamu seorang penganut Syiah? Dilan meresponnya dengan ketawa, 'saya ini Aswaja,' katanya. 'Saya ini Ahlussunah wal jamaah yang menghormati agama dan keyakinan orang lain. Lakum Diinukum wa Liya Diin. Bagimu agamamu, bagiku agamaku.' Justru jika agamamu kuat, kamu akan menghargai agama orang lain. 'betul'," tulis Pidi Baiq, Selasa (6/2).

Masih di postingan yang sama, penulis novel Dilan, Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 itu pun menjelaskan mengapa ada poster Khomeini di kamar Dilan. Katanya zaman itu memang banyak poster serupa sebagai simbol perlawanan yang disejajarkan dengan Che Guevara, Ahmadinejad, Saddam Hussain, Yasser Arafat dan lain-lain. 

"Memang pada akhirnya kita ini harus menjadi bijaksana untuk tidak mengadili masalalu dengan keadaan di masa kini," tulisnya lagi. 

Karena itu, Pidi Baiq meminta siapapun untuk bertabayun sebelum menghakimi seseorang.  

Film Dilan 1990 tengah mendapatkan tempat di hati penonton film Indonesia dan telah mengumpulkan lebih dari 4.1 juta penonton per hari ini, Rabu (7/2).