Minggu, 28 Januari 2018 11:19 WITA

Ratusan Sepeda Kuno Ramaikan Car Free Day di Sidrap

Editor: Muh. Taufik
Ratusan Sepeda Kuno Ramaikan Car Free Day di Sidrap

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Sekira 500 pesepeda kuno jenis onthel dari berbagai komunitas ikut meramaikan kegiatan Car Free Day yang dipusatkan di Bundaran Pelataran Stadion Ganggawa, Jalan Lanto Dg Pasewang Pangkajene, Sidrap, Minggu (28/1/2018). 

Ratusan pengguna sepeda jaman kolonial Belanda ini star dari kompleks kediaman pribadi Bupati Sidrap, Rusdi Masse di Jalan Haji Abubakar Kelurahan Rijangpittu Sidrap menuju ke kawasan Stadion Ganggawa, tempat pelaksanaan Car Free Day.

Komunitas pecinta sepeda onthel ini, datang dari berbagai wilayah di Sidrap. Di antaranya Baranti, Sereang, Massepe, Teteaji, dan beberapa tempat lainnya di Bumi Nene Mallomo itu.

Koordinator Silaturahim Komunitas Onthel Sidrap,  Zulkifli Zain mengatakan, kegiatan silaturahim seperti ini adalah acara rutin. Setiap akhir pekan komunitas Onthel sering mengunjungi tokoh-tokoh hingga tempat-tempat bersejarah di daerah itu.

"Yang hadir di sini datang dari beberapa komunitas. Seperti Baranti ada 220 sepeda, Sereang 80 sepeda, Massepe 100 dan sejumlah lainnya," ujar Ketua DPRD Sidrap ini sesaat lalu. 

Bagi komunitas ini, urai Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Sidrap itu, semakin tua, sepeda onthel ini harganya akan semakin mahal. Itu yang membuat komunitas ini berkembang pesat.

"Beda kalau manusia. Makin tua, yaah, makin lemah dan tentu butuh istirahat. Kam berharap komunitas ini akan terus berkembang dan menjadi ajang silaturahmi masyarakat Sidrap," pintanya. 

Sementara, kegiatan hari bebas polusi dan emisi kendaraan bermotor ini digelar setiap hari Minggu pagi di kawasan Stadion Ganggawa sejak mulai dicanangkan Pemerintah Kabupaten Sidrap pada awal Agustus 2017 lalu.

Car Free Day ini diisi berbagai kegiatan olahraga seperti senam jantung sehat dan kegiatan massal lainnya.

Tags