Rabu, 24 Januari 2018 07:00 WITA

Bilal, Film Sahabat Nabi Muhammad SAW Siap Tayang di AS

Editor: Fathul Khair Akmal
Bilal, Film Sahabat Nabi Muhammad SAW Siap Tayang di AS
Foto: hollywoodreporter

RAKYATKU.COM - Sebuah film animasi Bilal: A New Breed of Hero yang diproduksi di Arab siap tayang di layar lebar Amerika Serikat pada 2 Februari 2018 mendatang.  Film yang disutradarai Ayman Jamal dan Khurram H Alavi itu menelan biaya produksi US$30 juta. Ini juga menjadi film termahal yang pernah diproduksi di wilayah tersebut.

Dilansir dari cartoonbrew.com, Senin 22 Januari 2018, sebagian besar dana berasal dari investor ekuitas swasta, serta dukungan dari Doha Film Institute.  Menariknya, film animasi ini diangkat dari kisah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, Bilal Ibnu Rabah.

Namun film ini akan mencoba bukan menjadi film religi agar menjangkau penonton di luar Timur Tengah. Religius atau tidak film ini tetap menjadi tantangan besar saat tayang di Amerika Serikat pada bulan depan. 

Film animasi Dubai pertama ini menggunakan teknik seni tingkat tinggi mendesain cerita agar bisa menyampaikan sisi Islami kepada penonton muda, demikian dilansir dari variety.com, Senin 22 Januari 2018. 

Namun keputusan untuk memasukkan elemen pejuang (Islam), dalam lagu penutup hingga akhir film dinilai dari review tersebut bukanlah taktik yang tepat di era Islamphobia seperti sekarang, ketika kesalahpahaman sangat rawan terjadi.

Bagi umat muslim, Bilal bisa menjadi penyeimbang soal pikiran negatif Islamphobia di Dunia Barat. Film animasi ini juga bisa membuat banyak orangtua untuk mengajak anak mereka menonton.  Orang lain akan merasa tidak nyaman dengan jumlah kekerasan yang diberikan dalam film,(apalagi ini adalah saat yang penuh kekerasan). Meski begitu, penonton potensial tetap besar.