Rabu, 08 Juni 2016 16:40 WITA

Begini Hukum Berkumur dan Sikat Gigi Saat Puasa

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Vkar Sammana
Begini Hukum Berkumur dan Sikat Gigi Saat Puasa
ilustrasi berkumur

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Meskipun di dalam ritual berwudhu ada aktivitas berkumur, namun ternyata tidak selamanya berkumur saat melakukan ibadah berpuasa dibolehkan.

Hal ini dijelaskan oleh guru besar bidang Ilmu Hadits UIN Alauddin Makassar, Prof Arifuddin Ahmad. Banyak ulama berbeda pendapat dalam hukum berkumur. Namun hal ini dikembalikan pada niat saat berkumur.

"Sebagian ulama mengatakan berkumur saat berpuasa itu makruh dan sebagian lagi mengatakan mubah atau diperbolehkan," ungkap Arifuddin kepada Rakyatku.com, Rabu (8/6/2016).

Berkumur dalam berwudhu menurut 3 madzhab imam, yaitu Imam Hanifah, Imam Malik, dan Imam Syafi'i hukumnya adalah sunnah. Sementara itu, Imam Ahmad menganggapnya sebagai bagian dari membasuh wajah, maka hukumnya fardlu. Sehingga jika dilakukan disaat berpuasa maka hukumnya mubah.

Sedangkan berkumur untuk menyegarkan mulut atau agar merasa lebih fresh pada pertengahan puasa, maka hukumnya berubah menjadi makruh.

"Jika baru bangun tidur kemudian berkumur, hal itu masih diperbolehkan. Karena pada dasarnya agar tidak mengganggu orang dengan kondisi mulut kita," jelas Prof Arifuddin.

loading...

Hal ini berlandaskan pada hadits Rasulullah SAW, "Apabila engkau beristinyaq (berkumur), maka bersungguh-sungguhlah kecuali jika engkau sedang berpuasa," dari Hadis Riwayat Syafi'i, Ahmad, Imam yang empat, dan Baihaqi.

Begitu pula dengan hukum menggosok gigi, baik menggunakan ataupun tidak pasta gigi (odol). Jika itu dilakukan sesaat setelah bangun tidur, sebelum beraktifitas maka hukumnya mubah. Tetapi jika itu dilakukan hanya untuk menyegarkan mulut saat pertengahan puasa, maka hukumnya makruh.

"Itu boleh jika kita baru bangun tidur. Sama halnya dengan berkumur, dan yang terpenting baik berkumur maupun sikat gigi jangan sampai ada yang tertelan," tegas Prof Arifuddin.

Sama seperti berkumur, sikat gigi juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW seperti dalam haditsnya, "Andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya kuperintahkan mereka untuk gosok gigi setiap hendak shalat," (HR. Bukhari). Kemudian, dari Aisyah ra, Rasulullah juga bersabda, "Bersiwak bisa membersihkan mulut dan mendatangkan ridha Allah," (HR. Nasa’i dan dishahihkan al-Bani).

Namun hal itu tidak dilakukan berlebihan jika sedang berpuasa. Agar tidak mengurangi pahala puasa dengan melakukan sesuatu yang membuatnya makruh. 

Loading...
Loading...