Jumat, 12 Januari 2018 07:31 WITA

Penilitian: Pasangan Yang Memiliki Wajah Mirip Memang Jodoh

Editor: Adil Patawai Anar
Penilitian: Pasangan Yang Memiliki Wajah Mirip Memang Jodoh

RAKYATKU.COM - Banyak yang mengatakan bahwa wajah yang mirip antara pasangan menandakan jodoh. Dan ternyata hal itu terbukti dalam sebuah studi.

Studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS Genetics mengatakan bahwa pasangan yang menikah memang memiliki kemiripan. Hal itu dikarenakan banyak pasangan suami istri ternyata memiliki garis keturunan yang sama. Dengan kata lain, mereka sudah punya keterikatan bahwa sebelum mereka bertemu dan menikah.

Dalam studi tersebut, dilansir laman Glamour, para peneliti melihat pada genom dari 879 pasangan suami istri dari tiga generasi orang kulit putih dengan garis keturunan Eropa Utara dan Barat, Eropa Selatan, dan Ashkenazi.

Anggota satu kelompok keturunan memiliki kecenderungan yang jelas untuk menikahi orang yang memiliki gen sama, tapi menariknya, bias ini berkurang di setiap generasi.

Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah seseorang biasanya mencari pasangan di banyak tempat dibandingkan yang pernah dilakukan orang tuanya, bergerak lebih jauh dari tempat tinggal, tinggal di lokasi yang lebih beragam sebelum menikah, bahkan mencoba layanan kencan daring.

Jika Anda masih penasaran kenapa pasangan menikah memiliki gen yang sama, dan kenapa suami istri bisa saling mirip, menurut riset lama, seiring waktu pasangan suami istri mulai terlihat mirip karena mereka berbagi emosi yang sama sangat sering sehingga mereka mengalami perubahan ringan di wajah yang sama seperti kerutan wajah dan perubahan wajah lainnya.

Menertawakan acara televisi yang sama dan menaikkan alis karena anak yang nakal, sama dengan hal yang lebih romantis dibandingkan dengan berbagi nenek moyang yang sama.