Selasa, 26 Desember 2017 13:30 WITA

Hadiri Jambore Literasi se-Sulselbar, Ini Kesan Qudra

Editor: Almaliki
Hadiri Jambore Literasi se-Sulselbar, Ini Kesan Qudra
Qudratullah

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Pascamengikuti Jambore Literasi yang dihadiri puluhan kelompok dan organisasi pegiat literasi. Salah satu peserta jambore, Qudratullah, mengapresiasi kegiatan yang digelar di Lembah Hijau Rumbia (LHR) Jeneponto.

"Selama 3 hari kemarin, kami mengikuti kegiatan ini. Sangat bagus untuk terus digelar. Sebagai orang yang peduli terhadap literasi Indonesia, saya sangat mengapresiasi langkah orang-orang yan ada di balik terlaksananya kegiatan ini," ujar Qudra, Selasa (26/12/2017).

Menurut penulis buku "Nurdin Abdullah, Media dan Khalayak" tersebut, selama ini ia sangat berharap banyak relawan yang tidak hanya bergerak dalam literasi baca, tapi juga literasi menulis.

"Selama ini saya mengampanyekan literasi baca tulis dan literasi media. Saya berharap para penggiat literasi tidak hanya mengedepankan literasi baca yang secara umum diketahui. Tapi juga literasi menulis dan literasi baca dan menulis dalam media. Setidaknya, para rekan pegiat literasi dapat menulis karya ilmiah, buku, opini, atau menjadi citizen journalism sebagai wujud dukungan peningkatan literasi yang tidak hanya menyuarakan orang-orang untuk membaca," tambah Qudra.

"Kemudian untuk literasi media, masalah genting di media seperti hate speech dan hoaks banyak timbul di kalangan masyarakat saat ini. Oleh karena itu, hal tersebut sangatlah penting untuk dikampanyekan, agar masyarakat sadar terhadap penggunaan media massa," tutupnya.

Dalam pelaksanaan Jambore literasi se-Sulselbar tersebut, dihadirkan pemateri yakni Anwar Djimpe Rahman dan Nirwan Arzuka.