Rabu, 06 Desember 2017 19:24 WITA

Besok, Ada Kamisan di Makassar

Editor: Almaliki
Besok, Ada Kamisan di Makassar
Abraham Samad saat datang ke Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh pada tanggal 10 Desember mendatang. Amnesty Internasional akan mengggelar aksi Kamisan di Taman Macan Makassar, Kamis (7/12/17).

Aksi Kamisan yang juga bernama gerakan #JoinForces ini digelar untuk menangkal dan melawan praktik pelanggaran HAM baru dan mengingatkan pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan kewajibannya menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM lama. Selain itu, isu kriminalisasi juga menjadi topik yang akan diangkat dalam aksi ini. 

Salah satu orator yang akan mengisi aksi ini ialah mantan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad. Abraham Samad sendiri pernah menjadi salah satu ketua KPK yang pernah tersangkut kasus saat tengah mengusut kasus rekening gendut petinggi kepolisian.

Tim Komunikasi Amnesty International Indonesia, Haeril Halim, mengatakan acara ini juga merupakan peluncuran Amnesty Internasional. Terpilihnya Makassar, karena Sulawesi Selatan menjadi salah satu tempat di mana pelanggaran HAM baru terjadi atas nama pembangunan. 

Salah satu contohnya adalah kriminalisasi terhadap petani Seko karena menolak rencana pembangunan PLTA di Seko Tengah. "Pembangunan yang tidak menghargai HAM harus ditolak," ujar Haeril dalam rilis yang diterima Rakyatku.Com, Rabu (6/12/17).

Haeril menambahkan, dengan aksi ini, maka kekuatan HAM lokal di Sulawesi Selatan bisa bersatu sehingga bisa menjadi kekuatan baru untuk menyadarkan publik tentang pentingnya menghargai HAM. 

Setelah peluncuran Amnesty Internasional, mereka akan melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan aktivis, akademisi, dan jurnalis dari pelbagai daerah di Sulawesi Selatan untuk mengidentifikasi dan memetakan kasus-kasus HAM yang ada di Sulawesi Selatan.

"FGD ini bertujuan untuk memetakan pelanggaran HAM di daerah-daerah di Sulawesi Selatan dan merumuskan langkah apa yang akan dilakukan oleh gerakan HAM lokal untuk menyatukan barisan melawan praktik-praktik pelanggaran HAM," tambah Haeril.

Selain Abraham Samad, beberapa organisasi HAM lokal juga akan hadir dalam aksi Kamisan yang akan diselenggarakan esok.