Rabu, 29 November 2017 17:21 WITA

Pengakuan Baby Niken yang Dikecewakan Ahmad Dhani

Editor: Almaliki
Pengakuan Baby Niken yang Dikecewakan Ahmad Dhani
Baby Niken/Okezone

RAKYATKU.COM - Namanya Baby Niken, lahir di Palembang pada 5 Desember 1990. Ia mengaku sudah dikecewakan Ahmad Dhani. Bukan soal cinta, melainkan soal musik. Niken mengaku tidak dipromosikan dengan baik; Di Dewi Dewi dan projek solo.

Dilansir KapanLagi, sejak 2010 silam memang ia sudah terjun ke dunia tarik suara. Awalnya ia berkawan dengan Wawan, seorang pria dari Republik Cinta Management atau RCM, sebuah manajemen artis milik Ahmad Dhani. Mereka bekerja sama buat demo lagu, lalu hasilnya dioper ke Rahayu Kertawiguna, bos label Nagaswara.

Dalam demo itu, suara Baby membuat Rahayu tertarik, dan tak makan waktu lama, ia dibuatkan single debut ciptaan Dewiq berjudul: Aku Bisa Kamu Tak Bisa. Sayang, ia tidak gabung ke manajemen Nagaswara saat itu. Karya pun menguap. Jalan lalu terbuka saat Baby bertemu Dhani, ia ditawari gabung RCM dan akhirnya disanggupi.

"Setelah bikin single pertama, aku diundang Mas Wawan untuk datang ke sebuah acara musik. Di sana ternyata ada Mas Dhani lagi manggung. Di situ sama Mas Wawan aku dikenalin ke Mas Dhani. Kita ngobrol dan tahu-tahu Mas Dhani minta aku kirim demo lagu, aku kasih lagu debutku, nggak lama dia tawarin gabung ke RCM," kata sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina ini.

Ia bermimpi bisa bersanding dengan artis musisi tenar seperti The Virgin hingga Mulan Jameela. Cuma mimpi saja, sebab ia mengaku kariernya tidak berkembang selama masuk di RCM. Alasannya ia merasa dianaktirikan. Debut single-nya dirasa disia-siakan.

"Pas aku gabung di RCM itu, seperti yang kita tahu artisnya nggak banyak, tapi mereka udah punya nama besar. Sementara aku anak baru yang mau solo karier, aku ngerasa kayak nggak diurusin. Kayak anak bawang, walau masuk manajemen, tapi aku nggak dipeduliin. Aku merasa buang waktu. Ibaratnya masa masuk manajemen mereka, tapi nggak dibantu untuk terjun di dunia musik. Aku sebal banget waktu itu," lanjutnya.

Baby minta keluar dari RCM milik awak dari Dewa 19 itu. Ternyata susah, meski ia sudah coba bersikap memelas.

"Aku berapa kali bilang ke Mas Dhani, 'Mas, gimana aku kok nggak diurusin?'. Tiap minta resign nggak pernah dikasih, alasannya nanti-nanti, bentar, sabar lagi tak bikin konsepnya ini-itu. Biasalah Mas Dhani belokin gini-gini. Aku nurut aja. Cuma kan lama-lama aku merasa percuma, ada lagu tapi nggak dipromoin, mungkin karena bukan lagu dia, musisi kan kadang punya idaelisme, jadi dia nggak mau bantu," curahnya.
 
"Akhirnya aku melas, mohon-mohon, akting mau resign dengan alasan nggak mau nyanyi biar bisa lepas dari kontrak. Karena kalau ada kontrak kan nggak bisa ke mana-mana. Otomatis pihak lain juga nggak berani. Cuma Mas Dhani kayaknya lebih pintar daripada aku, tahu aku bohong, akhirnya dibuatin Dewi Dewi itu, personelnya dari X Factor satu," sambung Baby.

Dari Dewi Dewi versi baru, usai Puri dan Tata hengkang, ternyata tak semenarik sebelumnya. Musiknya kurang menggaung hingga pada 2015. Menjelang kontrak lima tahunnya di RCM selesai, Baby memutuskan keluar. Ia beralasan harus menyelesaikan kuliahnya yang terbengkalai. Kedua, karena kecewa melihat trionya tidak dipromokan sebagaimana mestinya.
 
"Karena Mas Dhani konsepnya kurang menurut aku, promo juga kurang, jadi nggak terlalu terekspos kayak generasi pertama. Mungkin karena tiap produk ada masa jayanya dan masa jaya Dewi Dewi udah habis. Mau dirombak bagaimana pun, nggak bakal kayak dulu lagi. Jadi aku milih resign karena aku mikir kuliah terbengkalai, udah dikejar selesai secepatnya takut kena DO," paparnya.

Usai keluar, gelar S1 Ilmu Komunikasi kini telah disandang, dan ia mencoba kembali berkarir di bawah naungan Maia Estianty.

Tags