Jumat, 24 November 2017 19:46 WITA

Tujuh Film Jepang Akan Diputar di Makassar

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tujuh Film Jepang Akan Diputar di Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Japanese Film Festival hadir di Makassar. Sebanyak tujuh film Jepang akan diputar di bioskop Mall Ratu Indah Makassar, Jalan dr. Sam Ratulamgi, mulai tanggal 24 hingga 26 November 2017.

Direktur Jenderal The Japan Foundation, Tsukamoto Norihisa mengatakan, kegiatan kali ini merupakan perkenalan film-film Jepang kepada masyarakat dunia, khususnya di Asia Tenggara dan Australia. 

"Kami mempromosikan kerjasama antara Indonesia dengan Jepang melalui dunia film. Saya juga mau ingantakan, tahun depan kita merayakan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Jepang, semoga tahun depan bisa balik lagi kesini," kata Tsukamoto, Jumat (24/11/2017).

Sementara itu, sutradara kenamaan Indonesia asal Makassar, Riri Riza yang juga hadir di Japanese Film Festival, mengapresiasi festival yang pertama kalinya diselenggarakan di Makassar ini. Ia menilai, festival ini bersifat jangka panjang untuk meningkatkan kesepahaman budaya antara Jepang dengan Indonesia.

"Film itu bukan hanya kita bisa melihat cerita dalam film, tetapi kita bisa melihat kebiasaan-kebiasaan sehari-hari masyarakat Jepang melalui film-film yang diputar disini. Melalui festival film yang diputar disini kita bisa melihat bagaimana kita bisa saling paham melalui film," ungkap Riri Riza. 

Tujuh Film Jepang Akan Diputar di Makassar

Riri Riza menambahkan, film yang akan diputar kali ini merupakan film-film yang melakukan pendekatan seni yang berbeda dengan kebanyakan film Jepang yang telah beredar di Indonesia sebelumnya. Misalnya saja pendekatan thriller-psychlogy, sains fiction, dan juga animasi yang dibuat oleh Ghibli Studio. 

Adapun film-film yang akan diputar dalam Festival Film Jepang diantaranya, Asian Three-Fold Mirror 2016:reflections, Before We Vanish (Kiyoshi Kurosawa), The Long Excuse (Miwa Nishikawa), Harmonium (Koji Fukada), dan tiga film animasi terkenal produksi studio Ghibli yang semuanya disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Tiga film tersebut ialah Princess Mononoke, Ponyo, dan My Neighbour Tototro. 

Festival Film Jepang ini juga bisa menjadi salah satu tujuan tempat untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga. Untuk menonton tujuh film yang di Mall Ratu Indah Makassar, tidak dipungut biaya. 


 

Tags