Selasa, 07 November 2017 09:05 WITA

Dianggap Lecehkan Perempuan, Hanung Bramantyo Meminta Maaf

Editor: Almaliki
Dianggap Lecehkan Perempuan, Hanung Bramantyo Meminta Maaf

RAKYATKU.COM - Sutradara Hanung Bramantyo, belakangan marak dibincangkan karena ucapannya yang dianggap merendahkan perempuan. Lebih jelas, ia mengatakan kalau dalam memilih pemain film, aktor pria lebih sulit dicari daripada aktris.

"Asal lo cantik aja," itulah kutipan yang memang sebenarnya diakui oleh Hanung Bramantyo lewat akun Instagramnya.

Atas hal itu pula, ia mendapat cibiran dari beberapa aktris. Komentarnya pun disayangkan. Meski begitu, Hanung langsung memberi klarifikasi, bahwa ucapannya itu tidak sesuai konteks.

Pada hari Sabtu, 4 November 2017 telah beredar sebuah artikel yg mengutip pernyataan saya: ‘Susah menjadi aktor itu apalagi aktor pria ya. Kalau perempuan ya sudahlah, ibarat kata asal lo cantik aja. Udahlah itu menjadi syarat’ . Kutipan tersebut telah membingkai saya seolah2 saya melecehkan profesi Aktris Perempuan Indonesia sebagai figur yang hanya mengekspose tubuh tanpa menggali sisi intelektualitasnya. Terus terang, saya menyayangkan pihak Kompas.com hanya mengutip pernyataan tanpa menyertakan konteks peristiwa yang terjadi sehingga membuat kalimat saya menjadi bias tujuan. Konteks pernyataan saya diawali dengan sebuah pertanyaan Kenapa saya masih memilih Aktor Reza Rahadian dalam film Benyamin Biang Kerok produksi Falcon Pictures? Tidak adakah bibit baru Aktor Indonesia? Saya jawab, ada banyak bibit aktor maupun aktris baru, tapi sangat sedikit yang diterima penonton pecinta film Nas hingga jadi populer seperti Reza Rahadian. ( saya hy sebut Reza aja karena konteks interview saat itu hy m’tanyakan soal dirinya ). Seolah-olah buat seorang akor terdapat banyak sekali syarat untuk bisa come up di industry Film Indonesia dibandingkan Aktris yang hampir tiap 2-3 tahun selalu muncul wajah baru. Kalimat saya ‘Ibarat kata, asal lo Cantik doang’ dalam interview tersebut tidak dalam tujuan ‘menggampangkan’, atau bahkan dengan sengaja memposisikan perempuan semata-mata figure yang sekedar menjual tubuh saja. Kalimat tersebut mestinya tidak perlu diungkapkan dalam tujuan apapun karena ada pernyataan saya yang lain yang konteks dan esensinya sama dengan judul artikel diatas. Dalam konferensi pers Film Benyamin Biang Kerok yang akan rilis Maret 2018 sy menyatakan bahwa sy sedang memberi kesempatan aktris baru sbg penjelmaan sosok Ida Royani ( pacar Benyamin S ). Sengaja saya belum ungkap siapa Aktris tersebut karena ingin membuat penasaran penonton. Dalam pernyataan tsb sy jg menambahkan bahwa ada skema mengorbitkan bintang baru agar dikenal, yaitu dengan menyandingkan bintang tersebut dengan actor/aktris popular. Pada awal karirnya, Reza Rahadian juga disandingkan dengan Revalina S Temat di Film Perempuan Berkalung Sorban. Sayangnya .... ( bersambung )

Sebuah kiriman dibagikan oleh Hanung Bramantyo (@hanungbramantyo) pada

Alhasil Hannah Al Rashid dan Tara Basro, menanggapinya. "Seriously?" tulis Tara Basro lewat Instagram Stories-nya, menggambarkan kekewaannya dengan kata-kata Hanung. Begitu juga dengan Hannah Al Rashid yang mengunggah kekecewaan lewat instagram. 

Di akhir penjelasannya, sutradara film Ayat Ayat Cinta itu pun meminta maaf kepada semua pihak yang merasa tersinggung dengan pernyataannya. "Mohon maaf jika pernyataan saya terkesan merendahkan profesionalisme aktor perempuan. Sungguh itu bukan maksud saya. Salam hormat," tutup Hanung Bramantyo.

...... Sayangnya, pernyataan saya tersebut tidak dikutip secara lengkap yang menyebabkan tujuan kalimat menjadi bias. Saya sangat memahami bahwa profesi Aktor maupun Aktris tidak semata-mata menyoal tubuh. Sikap saya sangat jelas tergambar di Film-Film saya seperti Perempuan Berkalung Sorban, Tanda Tanya, Rudy Habibie dan terakhir film Kartini. Bahkan di Film Hijab produksi barengan saya dan isteri sangat jelas keberpihakan saya kepada perempuan (muslim) modern atas hak bekerja dan berkarya yang pada akhirnya justru menuai kontroversi dari kalangan penonton muslim sendiri. Oleh karena itu saya menyampaikan Mohon maaf sebesarnya dan setulusnya kepada semua pihak khususnya para perempuan, Ibu, isteri dan para sahabat perempuan atas pernyataan saya yang terucap dan terkutip. Semoga ini menjadi pembelajaran yang sangat berharga buat saya. Sekian dan tabik Salam ????????????

Sebuah kiriman dibagikan oleh Hanung Bramantyo (@hanungbramantyo) pada

Tags