Minggu, 29 Oktober 2017 16:46 WITA

Hanin Dhiya Jawab Singgungan Is Payung Teduh

Editor: Almaliki
Hanin Dhiya Jawab Singgungan Is Payung Teduh
Hanin Dhiya

RAKYATKU.COM - Beberapa waktu lalu, Is 'Payung Teduh' menyoal lagunya yakni 'Akad' sebab banyak dipakai orang sebagai cover, dan secara tidak langsung menyedot pundi-pundi rupiah yang bernilai fantastis sebagai milik pribadi.

Olehnya, Hanin Dhiya yang sempat disebut-sebut masuk dalam singgungan Is tersebut, angkat bicara. Sekadar diketahui, “Asal kau Bahagia”, ditonton lebih dari 38 juta kali dalam setengah tahun. Cover “Akad” ditonton 39 juta kali dalam sebulan. Sementara video musik “Akad” versi Payung Teduh, hanya 32 juta kali.

Setahu Hanin, video musik “Akad” sudah dirilis di YouTube, namun ditarik karena masalah foto. Setelah direvisi dan diunggah ulang, otomatis jumlah penonton mulai dari nol lagi. Sementara viewers video cover Hanin kala itu terus melaju, mencapai belasan juta. 

“Bisa jadi, selama video musik itu ditarik orang, larinya ke video cover saya. Ketika Mas Is mengunggah video peringatan di Instagram, orang baru menyadari jumlah viewers video saya lebih banyak. Beberapa orang mungkin berkata, 'Wah, Hanin licik nih. Dia menyanyikan lagu orang lain, tapi malah dia yang lebih populer.' Orang tahunya 'Akad' lagu Hanin, sementara saya tidak pernah mengklaim seperti itu,” cerita Hanin di kantor Warner Music Indonesia, Jakarta, dikutip dari Tabloid Bintang.

Karenanya, manajemen Hanin sudah mencoba menghubungi pihak Payung Teduh. Kala itu, pihak Payung Teduh mengatakan kalau sekadar cover lagu, tidak masalah. Menjadi masalah, jika cover lagu itu dijual ke aplikasi musik gratisan dan berbayar.

“Pelaku (jual beli cover 'Akad') bukan saya. Saya sudah punya dua single sendiri untuk dijual di situs digital yakni 'Darling' dan 'Kau Yang Sembunyi'. Jadi kenapa mesti jualan lagu orang tanpa izin? Kalau saya menjadi tertuduh pertama, bisa jadi karena cover versi saya jumlah viewers-nya jutaaan. Wajar sih,” cetus alumni Rising Star Indonesia musim pertama.

“Kalau saya berhenti bikin cover lagu, masyarakat akan menduga memang saya yang salah, makanya mandek berkreasi di YouTube,” tukas penggemar Raisa dan Celine Dion itu.

Tags