Jumat, 13 Oktober 2017 16:47 WITA

Video: 6 Fakta Dibalik Film Pengabdi Setan

Editor: Adil Patawai Anar

RAKYAYATKU.COM - Film horor Pengabdi Setan karya sutradara ternama Joko Anwar memang sudah ditayangkan lebih dari dua minggu, tepatnya mulai 28 September lalu. Meski begitu, hingga saat ini, film seram tersebut masih banyak dibicarakan.

Banyak kalangan mengakui betapa seramnya alur cerita hingga pemain film Pengabdi Setan. Namun ada beberapa fakta yang jarang kamu ketahui dibalik film tersebut. Berikut 6 fakta dibalik film Pengabdi Setan:

1. Saking semangatnya karena disetujui oleh Rapi Films untuk me-remake film ini, naskah tersebut rampung hanya dalam waktu 2 minggu. Namun saat menulis, Joko Anwar tidak pernah berani sendiri dan selalu minta ditemani karena ia mengaku selalu merasa merinding.

2. Septyan Bayu selaku Founder dari Sociotraveler mengaku mendapatkan ide tur ini setelah menonton film ‘Pengabdi Setan’ di bioskop. Bagi Bayu, rumah dalam film tersebut memiliki nuansa yang amat horor dan ia berusaha mencari tahu lokasi rumah tersebut.

Sociotraveler berkolaborasi dengan Ghost Photography Community (GPC) yang sudah terlebih dahulu berkunjung ke rumah di daerah perkebunan teh itu untuk hunting foto makhluk tak kasat mata. Biaya yang dikenakan adalah Rp 475 ribu per orang, termasuk transportasi Bandung-Pengalengan, konsumsi, dan dokumentasi peserta.

‘Tur Misteri’ ini akan dimulai pada Sabtu, 14 Oktober dan dimulai dari pukul 12:00 WIB hingga jam dua dini hari.

3. Sudah menjadi konsekuensi jika pemain dan kru diganggu saat tengah syuting film horor. Begitu pula yang dialami oleh kru film ‘Pengabdi Setan’. Sutradara Joko Anwar bahkan mengatakan salah satu kru sempat merekam suara aneh ketika sedang syuting di dalam rumah, tepatnya di area kamar mandi.

4. Saat menyutradarai film ini, Joko Anwar bersikukuh tidak ingin menggunakan teknologi CGI agar memberikan efek seram yang lebih nyata. Sebagai gantinya sutradara asal Medan ini menggunakan Practical Effect seperti penggunakan make up.

5. Dimas Aditya mengalami kejadian mistis saat proses syuting, anehnya ia selalu sakit setiap berada di lokasi syuting yang dilakukan di Pangalengan, Jawa Barat. Namun setiap ia pulang ke hotel, ia langsung sembuh.

6. Fakta yang satu ini bisa jadi merupakan fakta paling menyeramkan.
Lonceng yang digunakan oleh sosok ibu dalam film ini ternyata bukanlah lonceng biasa. Lonceng tersebut berumur lebih dari 120 tahun.
Ya, Joko Anwar mengatakan jika lonceng tersebut berasal dari tahun 1890 yang merupakan pemberian dari salah seorang temannya.

Tags