12 October 2017 15:06 WITA

Ibu Datang Ungkap Fakta 'Kelam Malam', OST Pengabdi Setan

Editor: Fathul Khair Akmal
Ibu Datang Ungkap Fakta 'Kelam Malam', OST Pengabdi Setan
Foto: Instagram @pengabdisetanofficial

RAKYATKU.COM - Bagi Anda yang sudah teriak tak karuan di dalam bioskop saat menonton film horor Pengabdi Setan, mungkin salah satu hal yang masih 'misteri' menurut Anda, adalah soal soundtrack film Pengabdi Setan.

"Di kesunyian malam ini. Ku datang menghampiri...". Itulah sepenggal lirik lagu berjudul Kelam Malam dalam film itu.

Lagu itu mungkin akan terus ada di kepala Anda. Iya kan...

Kenapa lagu yang sebenarnya bernuansa ceria itu, terdengar sangat mengerikan dan mencekam? Lantas boleh dibilang masih 'misteri', karena masih ada yang belum tahu pasti tentang lagu itu.

Apakah 'Kelam Malam' benar-benar lagu lawas era 60 atau 70-an, atau hanya ada di dunia fiksi saja? 

Ibu akan menyajikan fakta-fakta tentang original soundtrack Pengabdi Setan, 'Kelam Malam' dikutip bintang.com:

1. Yang Kamu Dengar Hanya Sebagian
Di kesunyian malam ini, Ku datang menghampiri. 

Petikan lirik tersebut sudah sangat familiar di telinga mereka yang sudah menyaksikan trailer atau film Pengabdi Setan. Bagian itu muncul beberapa kali dan langsung menancap di memori

Tapi tahukah kamu kalau lanjutan lagu tersebut ternyata memiliki lirik yang lebih menakutkan? Seperti ini lirik lengkapnya.

Di kesunyian malam ini, Ku datang menghampiri

Kudatang menghampiri

dirimu yang pernah berjanji

sehidup dan semati

Di kekelaman hati ini kan kutagih sumpah mati

yang kau bisikkan ke rambutku

melambai tanpa arti

kuingin bersama berbaring di dadamu lupakan khianat yang lalu

2. Mirip dengan Lagu Lama?
Sejak film Pengabdi Setan booming, banyak yang penasaran dengan Kelam Malam. Setelah dicari ternyata ada lagu dari Anna Mathovani berjudul Di Keheningan Malam yang cukup mirip secara suasana.

Lagu Kelam Malam memang bukan Kesunyian Malam milik Anna. Namun menurut informasi, Joko Anwar sengaja membuat lagu baru yang terinspirasi lagu Anna Mathovani. 

3. Siapa Penyanyinya?
Kelam Malam yang jadi OST Pengabdi Setan dilantunkan dengan apik oleh Aimee Saras. Ia merupakan seorang penyanyi jazz yang juga mendalami dunia teater dan layar lebar.

Di lagu Kelam Malam, Aimee berkolaborasi dengan gitaris The Brandals, Tony Merle. Sementara liriknya ditulis oleh Joko Anwar untuk menambah daya magis lagu tersebut.

4. Lirik yang Syahdu dan Meneror
Aransemen musik yang syahdu sebenarnya sangat menenangkan untuk didengar. Namun lirik dan cara Aimee menyanyikan lagu ini menjadikannya teramat seram.

Tak sedikit netizen yang mengaku tak bisa melupakan lagu ini setelah mendengarnya. Kekuatan lagu ini melipatgandakan keseraman Pengabdi Setan, dan jadi salah satu unsur paling memorable bagi penonton.

5. Akan Masuk Album Soundtrack
Setelah memanjakan penikmat horor dengan filmnya, Joko Anwar berencana untuk merilis album soundtrack Pengabdi Setan. Selain Kelam Malam, masih ada beberapa lagu lainnya.

Serenade, Karma dan Mala Pujaan Hatiku menjadi lagu-lagu lain yang siap merangsang ketakutan lewat nada. Selain itu ada satu lagu lawas yang masuk di album tersebut, yakni Di Wajahmu Kulihat Bulan yang dipopulerkan penyanyi keroncong legendaris, Sam Saimun.

Tags