Kamis, 12 Oktober 2017 05:00 WITA

Ini Penyebab Suami Ikut Ngidam saat Istrinya Hamil

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Penyebab Suami Ikut Ngidam saat Istrinya Hamil
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Ngidam adalah hal yang wajar untuk dialami oleh ibu hamil. Hanya saja, terkadang kita juga menemukan suami yang ikut-ikutan ngidam dan bahkan mengalami gejala mual dan muntah saat istrinya hamil.

Pakar kesehatan menyebutkan, fenomena para suami yang juga ngidam dan mual-mual saat istrinya hamil disebut sebagai sindrom couvade. Sindrom in akan membuat para pria mengalami gejala kehamilan yang dialami oleh wanita layaknya kenaikan berat badan, susah tidur, mual-mual, hingga perubahan suasana hati. 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005, 90 persen pria yang istrinya hamil ternyata setidaknya pernah mengalami satu gejala kehamilan. Bahkan, ada pria yang mengalami nyeri perut layaknya wanita yang akan segera melahirkan.

Penyebab dari munculnya sindrom couvade ini ternyata karena masalah psikologis dimana para pria ini ternyata cenderung cemas saat melihat perubahan tubuh istrinya dan adanya kemungkinan adanya perubahan hidup saat akan menjadi seorang ayah nantinya. 

Rasa cemas inilah yang membuat pria mencari hal-hal yang membuatnya nyaman layaknya ingin mengkonsumsi makanan yang Ia sukai atau makan dengan lebih banyak sehingga membuat berat badannya naik. Padahal, kenaikan berat badan bisa memicu perubahan jaringan lemak dan mempengaruhi kadar hormon estrogen dan testosteron yang memicu mood swing serta mual-mual.

Dilansir doktersehat, untuk masalah susah tidur, hal ini disebabkan oleh para suami yang juga cemas saat melihat istrinya mengalami susah tidur. Mereka pun berusaha untuk menemaninya dan tidak bisa tidur dengan tenang. 

Untuk mengatasi masalah susah tidur ini, dr. Michelle Hakakka menyarankan para suami dan istri yang sedang hamil untuk melakukan olahraga ringan atau relaksasi agar tubuh serta pikirannya lebih rileks.

Tags