Sabtu, 07 Oktober 2017 06:30 WITA

Nobel Sastra Kazuo Ishiguro Dikira Hoaks

Editor: Almaliki
Nobel Sastra Kazuo Ishiguro Dikira Hoaks

RAKYATKU.COM - Penulis kelahiran Jepang, Kazuo Ishiguro telah ditetapkan oleh Komite Nobel sebagai peraih nobel sastra tahun 2017. Lelaki yang kini menetap di Inggris ini, berhasil mengalahkan penulis-penulis yang lebih diunggulkan seperti Haruki Murakami, Margaret Atwood, dan Salman Rusdhie.

Dikutip dari The Guardian (6/10/2017), saat namanya diumumkan sebagai peraih nobel, Kazuo sempat meragukan kabar tersebut dan sempat berpikir bahwa berita tersebut sebagai hoaks. Ishiguro berkata, bahwa ia sepenuhnya belum siap dengan hal ini dan bahkan awalnya meragukan kalau berita ini benar. 

“Kau pasti berpikir seseorang akan memberitahuku, tapi tak ada seorangpun yang telah mendengar berita itu," ungkapnya seperti dikutip dari The Guardian.

Dengan penghargaan ini, Kazuo ishiguro berhasil mengikuti penulis-penulis terkenal lainnya yang sebelumnya pernah meraih penghargaan tertinggi di bidang kesusatraan, seperti Ernest hemingway, Gabriel Garcia Marquez, Pablo Neruda dan Alice Munro.

Bahkan Kazuo Ishiguro membuat penghargaan nobel ini kembali ke jalur penulis yang sebelumnya sempat diraih oleh seorang musisi sekaligus penyair Bob Dylan.

Kazuo Ishiguro melahirkan karya-karya seperti The Buried Giant, When We Were Orphans, The Remains of The Day, dan Never Let Me Go. Khusus The Buried Giant, Komite Nobel memuji karena Ishiguro lihai dalam mengeksplorasi bagaimana ingatan berhubungan dengan sesuatu yang terlupa, masa lalu dengan apa yang terjadi sekarang, dan fantasi dengan kenyataan.

Sekretaris Swedish Academy, Sara Danius menggambarkan, gaya Ishiguro dalam karyanya merupakan campuran Jane Ausen dan Franz Kafka. Adapun bukunya yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu Never Let Me Go (Jangan Tinggalkan Aku yang diterbitkan GPU) dan The Remains of The Day (Puing-Puing Kehidupan yang diterbitkan Mizan).

Untuk novel Never Let Me Go yang bergenre dystopian ini, telah difilmkan dengan Andrew Garfield dan Keira Knaigthley sebagai pemeran utama.

Tags