Sabtu, 28 Mei 2016 14:15 WITA

Isi Waktu Senggang, Ketua DPRD Ini Rawat Burung

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Isi Waktu Senggang, Ketua DPRD Ini Rawat Burung
Ketua DPRD Sidrap, H Zulkifli Zain, memperlihatkan koleksi hewan burung peliharaannya. (Hasrul Nawir)

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Siapa sangka, Ketua DPRD Sidrap, H Zulkifli Zain ternyata penggemar berat berbagai jenis unggas. Politisi Partai Golkar ini, memiliki ratusan koleksi burung. Selain, itu Zulkifli juga punya peliharaan unggas jenis lainnya. Mulai berbagai jenis ayam, hingga tanaman dan buah-buahan di kediaman pribadinya di Baranti.

Tak tanggung-tanggung, H Filli, begitu ia disapa, harus merogoh koceknya dalam-dalam demi memenuhi kandang unggas miliknya. Mulai yang diperolehnya dari luar provinsi, hingga berbagai Negara seperti Tibet, Thailand dll. Saat ini, lahan miliknya seluas sekitar 2 hektar "disulap" menjadi taman unggas dan burung. 

Isi Waktu Senggang, Ketua DPRD Ini Rawat Burung

Puluhan kandang ia buat untuk menampung ratusan unggas koleksinya  yang terdiri dari unggas jenis merpati hias 35 jenis, ayam hias 15 jenis, ayam ketawa 200 ekor, ratusan ekor belibis. Kalkun 20 ekor, ayam mutiara 20 ekor.

Menurut H Filli, mengoleksi unggas merupakan hobinya sejak dulu. "Ini sekadar hobby saya saja, dan mengisi waktu luang," katanya.

Di sela-sela kandang unggas miliknya, H Filli juga sukses mengembangkan tanaman buah naga dan lengkeng, hingga apel India. 

Bahkan, hobby uniknya ini sudah dilakukan sebelum menjabat Ketua DPRD Sidrap. Selain untuk kesenangan pribadi, dengan mengoleksi berbagai jenis unggas burung dan ayam, ia mengaku banyak bertemu, diskusi dengan pecintau unggas dari berbagai daerah. "Saya sering ke Pulau Jawa hanya untuk bertemu dan berdiskusi dengan mereka yang punya hobbi serupa," tuturnya. 

Isi Waktu Senggang, Ketua DPRD Ini Rawat Burung

Di Sidrap, dan beberapa daerah sekitarnya, koleksi H Filli juga sudah dikenal luas. Tak jarang, ada beberapa pecinta unggas yang sengaja datang ke Baranti untuk melihat koleksi miliknya. 

Di sela-sela waktunya selaku Ketua DPRD, ia menyempatkan waktu mengurus unggas miliknya. Mulai memberi makan hingga sekadar bercengkarama dengan burung-burungnya. "Kalau tidak berkantor atau kebetulan libur, saya pasti ada di kandang. Memberi makan burung, ayam sampai ikan," tandasnya.
 

Loading...
Loading...

Berita Terkait