Jumat, 27 Mei 2016 15:12 WITA

Saat Zakat Jadi Gaya Hidup Modern

Penulis: Alifiah Ainul
Editor: Jumardin Akas
Saat Zakat Jadi Gaya Hidup Modern

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lembaga Dompet Dhuafa meluncurkan program Zakatnesia. Melalui program ini, Dompet Dhuafa ingin memperkenalkan cara penyaluran zakat kepada masyarakat luas.

"Zakatnesia ini kata yang kita pilih karena zakat di Indonesia sudah populer," kata pimpinan cabang Dompet Dhuafa sulsel, Andriansyah dalam konferensi pers di Makassar, Jumat (27/5/2016). 

Dia berharap, Zakatnesia dapat masuk ke berbagai kalangan dan tempat. "Di semua tempat, zakat bisa dijadikan lifestyle (gaya hidup) mereka. Di mall, taman, tempat hiburan, di berbagai tempat. Kita ingin menggerakan masyarakat di semua komponen, yang mau berbagi juga kan bisa untuk semua kalangan, tidak berlaku untuk muslim saja, " tuturnya. 

Andriansyah juga mengungkapkan berbagai manfaat menunaikan zakat, termasuk bagi negara. Zakat merupakan salah satu ibadah yang memiliki dimensi sosial. Berzakat mengajarkan bilai kepedulian dan empati terhadap sesama yang memiliki kekurangan. 

"Saat bangsa lain hancur lebur karena berperang, kita bisa damai dan bangkit, masih bisa berdamai, dan bersatu. Lalu satu rahmat buat kita, dan zakat ini juga merupakan sarana yang bisa terus dilakukan untuk kita semua," tuturnya. 

loading...

Selain itu, katanya, dengan zakat kemiskinan sejatinya misa dihilangkan. Sehingga tidak hanya tugas pemerintah, tetapi juga seluruh komponen bangsa, termasuk masyarakat. 

Zakat yang disalurkan melalui lembaga zakat, akan didistribusikan oleh amil (pengelola zakat). 

"Dengan berzakat, mengeluarkan kewajiban 2,5 persen dari penghasikan tiap bulan, merupakan salah satu bentuk kontribusi masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan" ungkapnya.

Loading...
Loading...