Rabu, 20 September 2017 15:47 WITA

Taylor Swift Tolak Gugatan Hak Cipta Lagu Shake It Off

Editor: Suriawati
Taylor Swift Tolak Gugatan Hak Cipta Lagu Shake It Off
Taylor Swift

RAKYATKU.COM - Perwakilan Taylor Swift menolak tuntutan pelanggaran hak cipta atas lagu Shake It Off, yang diajukan oleh dua penulis lagu.

Pada hari Senin (18/09) penulis lagu Sean Hall dan Nathan Butler mengajukan tuntutan hukum di pengadilan federal AS di Los Angeles, dan mengklaim bahwa lagu hit Swift menciplak lagu mereka.

BACA JUGA: Single Baru Taylor Swift Pecahkan Rekor Streaming Spotify

Lirik yang mereka maksud adalah players, they gonna play, and haters, they gonna hate, pada lagu Playas Gon' Play yang dirilis tahun 2001 dan dinyanyikan oleh grup wanita R&B 3LW.

Sementara itu, lirik lagu Shake It Off, berbunyi, "the players gonna play, play, play, play, play, and the haters gonna hate, hate, hate, hate, hate."

"Ini adalah klaim yang konyol dan tidak lebih dari sekedar (usaha untuk) mendapatkan uang," kata perwakilan Swift dalam sebuah pernyataan, pada hari Selasa. "Hukumnya sederhana dan jelas, mereka tidak punya kasus."

Taylor Swift Tolak Gugatan Hak Cipta Lagu Shake It OffHall adalah penulis lagu dan produser untuk artis seperti Justin Bieber dan Maroon 5, dan Butler. Ia mengklaim bahwa kombinasi antara players dan haters adalah penggunaan yang unik.

"Pada tahun 2001 itu benar-benar asli dan unik. Memang, kombinasi itu belum pernah digunakan dalam budaya populer sebelumnya," kata gugatan tersebut.

Hall dan Butler mengatakan bahwa frasa tersebut menyumbang sekitar 20 persen lirik Shake It Off. Mereka mengklaim bahwa Swift dan timnya "tidak diragukan lagi memiliki akses ke Playas Gon' Play," sebelum menulis dan merilis lagunya.

"Terdakwa Swift telah mengakui bahwa dia melihat MTV's TRL yang mempromosikan 'Playas Gon' Play, '" kata gugatan tersebut.

Dikatakan bahwa Playas Gon' Play, memulai debutnya di Nomor 7 di MTV's Total Request Live pada bulan Maret 2001 dan album debut 3LW terjual lebih dari 1 juta kopi.