01 September 2017 15:12 WITA

Gerakan Berbagi Nasi Makassar Berkurban Satu Ekor Sapi

Editor: Almaliki
Gerakan Berbagi Nasi Makassar Berkurban Satu Ekor Sapi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komunitas Gerakan Berbagi Nasi Makassar kembali menggelar berbagi daging kurban pada Idul Adha 1438 Hijriyah, Jumat (1-9-2017).  Namun ada yang berbeda di tahun ini. Jika 3 tahun pelaksanaan sebelumnya, gerakan Berbagi Nasi Makassar membagikan daging ke kaum duafa yang disumbangkan oleh para  donatur, kali ini gerakan yang diinisiasi melalui media sosial tersebut juga mengurbankan satu ekor sapi.

Menurut koordinator berbagi daging kurban, Ardian, anggota berbagi nasi telah berniat sejak tahun lalu membeli satu ekor sapi untuk dibagikan ke warga di kampung pemulung. Hal ini juga sebagai perwujudan spirit gerakan Berbagi Nasi sebagai upaya untuk saling peduli.

"Kami, Berbagi Nasi Makassar, senantiasa berbagi kebahagiaan bersama dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan, terutama pada kegiatan berbagi daging kurban ini. Masyarakat bisa menikmati daging pada Idul Adha ini," ujar Iyan, sapaan akrabnya melalui keterangan tertulis yang diterima Rakyatku.com.

Pemotongan satu ekor sapi dilakukan usai menggelar salat Id, yang sekaligus dilakukan di tempat pembagian daging kurban di perkampungan pemulung, Jalan Adhyaksa Baru Lorong 3 Kecamatan Panakukang, Makassar. Di wilayah tersebut anak muda penggerak Berbagi Nasi Makassar ini membagikan 50 kupon kepada warga setempat, untuk ditukarkan dengan potongan daging kurban.

Setiap tahun dalam kurun 4 tahun terakhir, gerakan Berbagi Nasi Makassar intens mendatangi kampung pemulung di Jalan Adhyaksa untuk membagikan daging kurban. Menurut Shifa, salah satu warga kampung pemulung, begitu bersyukur gerakan Berbagi Nasi bisa membagikan daging kurban di wilayah tersebut. Pasalnya di kampung mereka jarang ada yang berkurban. 

"Kami bersyukur ada anak-anak muda dari Berbagi Nasi Makassar bisa berbagi daging kurban di kampung ini, karena sebagian dari warga yang ingin mendapatkan daging kurban harus mendatangi tempat orang yang berkurban," ucapnya.

Sekadar diketahui, Gerakan Berbagi Nasi Makassar telah berdiri sejak tahun 2013 yang diinisiasi oleh anak anak muda di kota Makassar melalui media sosial. Penggerak atau biasa di sebut "Pejuang Nasi" Berbagi Nasi Makassar ini intens membagikan nasi bungkus kepada orang-orang yang kurang beruntung pada setiap akhir pekan.