Minggu, 20 Agustus 2017 22:05 WITA

Teater Kolosal Meriahkan Puncak Pesta Komunitas Makassar

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Teater Kolosal Meriahkan Puncak Pesta Komunitas Makassar
Suasana teater drama kolosal pada Pesta Komunitas Makassar di Fort Roterdam, Kota Makassar, Minggu (20/8/2017). Foto: Himawan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Malam puncak Pesta Komunitas Makassar dimerihakan dengan teater drama kolosal di Fort Roterdam, Kota Makassar, Minggu (20/8/2017). Teater ini bercerita tentang perjuangan masyarakat Bugis-Makassar dalam merebut kemerdekaan dari penjajah. 

Teater yang bertemakan HUT Kemerdekaan Indonesia ke 72 ini, dimulai dengan adegan para pemain yang memperlihatkan kedamaian di tanah Sulawesi. Tak lama kemudian, muncul beberapa pria yang merupakan pasukan penjajah Belanda. 

Para penonton terhenyak ketika peristiwa peperangan terjadi antara pribumi dan penjajah. Tak jarang ada para pemain yang langsung terkena tombak dari pemain yang memerankan warga Indonesia. 

Teater Kolosal Meriahkan Puncak Pesta Komunitas MakassarDi akhir pertunjukkan, terlihat banyak pejuang yang meninggal dalam peperangan. Hal ini seakan ingin mempertegas bahwa peperangan dalam bentuk apapun dan dimanapun itu, hanya akan membawa kematian, tak kurang dan tak lebih. Penontonpun memberi apresiasi berlebih untuk teater ini. 

Drama kolosal ini melibatkan 100 pemain yang terdiri dari 17 komunitas yang ada di Makassar. Teater yang disutradari Rijal Jamal ini, menjadi pembeda di Pesta Komunitas Makassar.