13 August 2017 16:25 WITA

Hari Konservasi Alam Nasional 2017 di Ampana Berlangsung Meriah

Editor: Almaliki
Hari Konservasi Alam Nasional 2017 di Ampana Berlangsung Meriah

RAKYATKU.COM, AMPANA - Ribuan masyarakat Kabupaten Tojo Una-una Sulawesi Tengah ikut serta dalam perayaan memeriahkan Hari Konservasi Alam Nasional 2017 pada Minggu (13/8/2017), di Taman Anjungan Khayal Ampana.

Adapun peringatan yang digelar oleh Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) melakukan sejumlah kegiatan, seperti penanaman bibit pohon mahoni dan pelepasan burung kacamata hitam. Selain itu, jalan sehat dan senam bersama juga dilakukan di lokasi tersebut.

Aksi nyata menjadi penting yang diusung dalam rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Ampana ini, membuat pihak TNKT juga menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak lagi membom ikan di wilayah perairan Kepulauan Togean.

Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean, Bustang mengatakan, bahwa Kepulauan Togean merupakan kawasan konservasi dan keanekaragaman hayati yang harus dijaga, agar proses ekologis pendukung sistem penyangga kehidupan, tetap berjalan.

"Sehingga mampu memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat. Keberadaan kawasan konservasi sebagai benteng keragaman hayati terakhir menjadi sangat krusial untuk dijaga dan dipertahankan," tegasnya.