08 August 2017 05:31 WITA

Sinopsis Overdrive, Film yang Tak Kalah Seru dari Fast & Furious

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Sinopsis Overdrive, Film yang Tak Kalah Seru dari Fast & Furious

RAKYATKU.COM - Dua pencuri mobil profesional, Andrew (Scott Eastwood) dan Garrett (Freddie Thorp), mencoba peruntungan baru di daerah selatan Perancis. Kakak beradik itu mengincar mobil klasik nan mewah, Bugatti 1937, yang dilelang dengan banderol jutaan euro.

Ironisnya, meski berhasil mencurinya dari pemenang lelang, mereka harus menghadapi masalah baru yang berbahaya. 

Ya, pemenang lelang mobil tersebut ternyata merupakan bos mafia penguasa kota Marseille bernama Jacomo Morier (Simon Abkarian). Awalnya mereka bakal dibunuh. Namun, karena tahu Morier suka mengoleksi mobil klasik mewah yang langka, Andrew dan Garrett mengajukan sebuah tawaran agar nyawa mereka tak melayang.

Sebagai gantinya, dua kakak beradik itu berjanji memberikan mobil 1962 Ferrari 250 GTO milik bangsawan muda, Max Klemp (Clemens Schick). Bak gayung bersambut, Morier dengan amat mudah sepakat. Pasalnya, Klemp merupakan musuh bebuyutan dan orang yang ingin merebut wilayah kekuasannya di Marseille.

Itulah serangkaian peristiwa yang mengawali karya terbaru Antonio Negret berjudul Overdrive. Salah satu tantangan terbesar membuat film di genre ini adalah standar terlampau tinggi yang sudah dibuat oleh layar lebar semacam Fast & Furious atau The Italian Job. Suka atau tidak suka, Negret setidaknya akan dibanding-bandingkan dengan dua waralaba tadi.

Lantas, apakah Overdrive mampu menandinginya? Secara umum, film ini terbilang cukup sukses memberikan diferensiasi. Yang paling utama adalah mobil-mobil yang digunakan di dalamnya. Negret lebih banyak menampilkan mobil-mobil mewah klasik yang menjadi primadona di jamannya dan hanya dimiliki segelintir orang. Suatu hal yang jarang ditampilkan di genre sejenis.

Film tersebut juga memiliki plot twist yang benar-benar tak terduga. Itulah salah satu kekuatan yang membuat Overdrive tak membosankan dan tidak mudah ditebak jalan ceritanya. Anda dijamin akan tetap setia menontonnya hingga akhir. Namun begitu, layar lebar ini tetap fokus pada tema utamanya soal pencurian mobil dan itu menjadi nilai plus tersendiri.

Selain itu, adanya karakter perempuan cantik seperti Stephanie (Ana de Armas) dan Devin (Gaia Weiss) ibarat bumbu pelengkap yang 'menyedapkan' sajian Negret tersebut. Hambar rasanya jika film di genre ini tidak menampilkan unsur tersebut. Layaknya layar lebar sejenis kebanyakan, mobil dan wanita memang terkesan tidak bisa dipisahkan.

Apakah Andrew dan Garrett berhasil mendapatkan 1962 Ferrari 250 GTO milik Max Klemp? Hal apa saja yang mereka lakukan untuk mewujudkannya? Saksikan kisah selengkapnya dalam Overdrive yang sedang tayang di seluruh jaringan bioskop Cinema XXI.