05 August 2017 10:49 WITA

Iklan Pramugari Telanjang Tuai Kritikan

Editor: Suriawati
Iklan Pramugari Telanjang Tuai Kritikan
Chocotravel

RAKYATKU.COM - Sebuah iklan dari perusahaan perjalanan Kazakhstan, Chocotravel menuai kritikan di media sosial, karena menampilkan pramugari yang tidak mengenakan pakaian.

Video diawali dengan close-up pramugari wanita, dengan menampilkan bagian leher ke atas. Tayangan kemudian di zoom out untuk memperlihatkan anggota tubuh yang lain. Tapi, area intim para wanita dilindungi oleh spanduk di layar dan sebuah topi kecil.

BACA JUGA: Foto Menyusui Putri Presiden Kyrgyztan Picu Perdebatan Seksualitas

Sebenarnya, klip pendek tidak bertujuan untuk mempromosikan penerbangan di situ web Chocotravel . Tapi, dengan cepat menjadi viral, dan telah dibagikan di Facebook lebih dari 71.000 kali dan dilihat lebih dari 31.000 di YouTube, hanya dalam dua hari.

Tak cukup sampai di situ, keesokan harinya, perusahaan merilis iklan versi laki-laki, dengan naskah dan format yang persis sama.

Banyak orang yang berkomentar bahwa iklan itu "hambar" dan "tidak menyenangkan. "Seorang pengguna Facebook bernama Dinara Seisen menyebut iklan tersebut kuno dan seksis, dan mengatakan bahwa reputasi perusahaan telah "mencapai titik terendah sepanjang waktu."

Namun, ada juga membela, dengan mengatakan bahwa iklan itu keren, tidak biasa dan efektif.

Situs berita Kazakhstan Today.kz melaporkan bahwa Chocotravel telah mengomentari iklan itu, dan mengatakan bahwa mereka tidak bermaksud untuk menyinggung perasaan siapapun.

"Ini menunjukkan tidak kurang dari yang Anda lihat di pantai atau di kolam renang. Apakah Anda menyerang gadis-gadis dengan rok pendek atau pakaian renang?" kata direktur Pelayanan Ticketing Choctravel, Nikolay Mazensev.