03 July 2017 06:00 WITA

Dengar Musik dalam Perjalanan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dengar Musik dalam Perjalanan Bermanfaat Bagi Kesehatan
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Saat berada dalam situasi perjalanan yang menempuh jarak yang cukup jauh dan memakan waktu yang lama, memang akan menimbulkan kebosanan. Salah satu cara untuk mengusir kebosanan adalah mendengarkan musik, ternyata ini tak hanya membuat perjalanan jadi menyenangkan.

Mendengarkan musik ketika kamu sedang melakukan perjalanan baik melawati jalur darat, udara, atau laut memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Dilansir Grid.Id, berikut manfaatnya:

1. Jika kamu sering mengalami mual atau mabuk saat perjalanan, musik dapat membantu mengalihkan pikiran dan dapat meminimalkan ketidaknyamanan saat berada di perjalanan.

2. Sebuah studi mengklaim bahwa musik adalah salah satu tindakan non-medis untuk mencegah efek mabuk selama perjalanan.

3. Saat melakukan perjalanan terkadang perasaan hati atau mood tidak selalu dalam keadaan menyenangkan.

Misalnya saja suasana keramaian yang dapat membuat kita menjadi kesal, dengan mendengarkan musik pikiran kamu akan ke dunia lain untuk beberapa saat.

4. Ketika kamu melakukan perjalanan dengan memikirkan masalah pekerjaan yang membuat stres saat pulang kerja, dengan mendengarkan musik dapat menghilangkan stres dan membuat pikiran menjadi rileks.

5. Mendengarkan musik saat perjalanan akan memengaruhi hormon kortisol yang disekresikan akibat stres, musik bekerja pada hormon stres dan menurunkan level stres.

6. Jika kamu menderita insomnia, mendengarkan musik selama perjalanan dapat membantu dan mempermudah kamu tertidur lebih cepat.

7. Dalam perjalanan terkadang otak tidak bekerja, hal ini akan memicu otak untuk menyingkirkan hal-hal yang tidak semestinya dipikirkan (bisikan iblis), nah dengan mendengarkan musik bisa mencegah pikiran tetap positif dan mengatasi depresi.

8. Musik dapat melepaskan bahan kimia seperti dipamin dan serotonin, saat kamu sampai di tempat tujuan kamu akan merasa senang setelah mendengarkan musik selama perjalanan.

Tags
musik