20 June 2017 04:30 WITA

Bahaya! Jangan Simpan Handphone di 5 Tempat Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bahaya! Jangan Simpan Handphone di 5 Tempat Ini

RAKYATKU.COM - Setelah selesai menggunakan Handphone, kebanyakan dari kita umumnya menyimpan handphone tersebut di tempat yang mudah kita jangkau seperti di atas meja, di saku celana dan sebagainya. 

Padahal, sadar atau tidak sadar, tindakan menaruh handphone di sembarang tempat sebenarnya dapat membahayakan handphone.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dikutib dari Jalantikus, ada beberapa tempat yang harus dihindari ketika meletakkan smartphone agar terhindar dari hal-hal yang tidak kalian inginkan.

1. Saku Celana

Kesalahan terbesar yang banyak dilakukan orang adalah menaruh handphone di dalam saku celana. Menaruh handphone di dalam saku celana dapat membahayakan kesehatan, dikarenakan handphone itu sendiri mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang dapat menyebabkan kemandulan. 

Selain itu, jika handphone kalian terlalu panas, panas dari handphone tersebut bisa menyebabkan iritasi/kemerahan pada kulit paha kalian.

2. Tempat yang panas

Tempat lain yang harus dihindari ketika menaruh handphone adalah tempat yang panas seperti misalnya, tempat yang terpapar sinar matahari langsung pada siang dan pagi hari. 

Sinar matahari dapat meningkatkan suhu dari handphone kalian dan berpotensi membuat handphone kalian overheat atau bahkan meledak.

3. Sudut Meja

Tempat lain yang wajib kalian hindari adalah sudut meja. Menaruh smartphone di sudut meja justru meningkatkan risiko handphone kalian jatuh dari ketinggian yang cukup untuk membuat layar smartphone kalian retak atau membuat body handphone kalian lecet.

4. Dekat dengan Komputer

Handphone dan komputer sama-sama merupakan perangkat yang mengeluarkan gelombang elektromagnetik sehingga jika berdekatan dapat memunculkan efek saling merusak komponen satu sama lain.

5. Tempat basah

Handphone merupakan perangkat elektronik yang terdiri atas berbagai komponen yang mengalirkan arus listrik sehingga jika ada setetes saja air yang masuk ke dalam komponen tersebut, akan membuat handphone mengalami korslet. Hindari menaruh handphone di tempat yang basah atau dekat tempat yang basah sebagai tindakan pencegahan.