19 June 2017 07:00 WITA

Tips Bermain Fidget Spinner yang Aman

Editor: Fathul Khair Akmal
Tips Bermain Fidget Spinner yang Aman
Foto (int)

RAKYATKU.COM - Permainan Fidget Spinner terlihat mengasyikkan saat dimainkan anak Anda. Permainan ini disebut-sebut dapat menghilangkan rasa stres. Namun ternyata, permainan ini terbilang cukup berbahaya.

Dikutip dari aura.tabloidbintang.com, Komisi Keamanan Produk Konsumen di AS memberikan kiat agar anak bisa bermain fidget spinner dengan aman.

Jika anak Anda gemar memutar-mutar fidget spinner, atau Anda baru berencana membelikan mereka, perhatikan hal-hal ini demi keamanan anak:

1. Meski tidak ada peringatan usia pengguna di kemasan, orang tua harus bijak memilih mainan untuk anak. Karena terbuat dari bagian-bagian kecil, fidget spinner tidak cocok dimainkan anak di bawah usia 5 tahun. 

“Kami menyarankan orang tua untuk menjauhkan benda ini dari anak kecil, karena mereka bisa tersedak komponen kecil,” kata perwakilan Komisi Keamanan Produk Konsumen AS.

2. Jelaskan tentang bahaya fidget spinner kepada anak. Peringatkan anak agar tidak meletakkan fidget spinner di daerah wajah karena membahayakan jika terkena mata, hidung, terlebih jika ada komponen yang masuk ke mulut.

3. Untuk anak di bawah 10 tahun, pastikan mereka memainkan fidget spinner, di bawah pengawasan orang tua.

4. Cek seluruh komponen fidget spinner, apakah sudah terpasang dengan benar dan tidak mudah terlepas. Dan jangan malas cek ulang terutama ketika fidget spinner terlalu sering jatuh. 

Bisa saja komponen yang sudah rusak, atau kendur terlepas saat diputar dan melukai anak.

5. Jika dimainkan di tempat yang tidak tepat, fidget spinner justru mengganggu konsentrasi anak juga orang di sekitar. 

Misalnya ketika anak bermain fidget spinner sambil berjalan, konsentrasi pada mainan bisa membuat anak kurang waspada pada kondisi jalan dan membahayakan mereka.