17 June 2017 17:58 WITA

Selain Dijadikan Bumbu, Garam Bisa Dipakai Sebagai Pembersih

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Selain Dijadikan Bumbu, Garam Bisa Dipakai Sebagai Pembersih
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Garam merupakan bumbu masakan yang bisa membuat rasa makanan menjadi lebih gurih dan asin. Namun, tahukah anda jika garam ternyata juga bisa dijadikan sebagai pembersih?. Dilansir Doktersehat, berikut beberapa hal yang bisa kita bersihkan dengan bumbu dapur ini.

1. Sisa kerak makanan yang ada pada wajan

Seringkali sisa makanan yang menempel pada wajan sangatlah sulit untuk dibersihkan sehingga kita pun harus melakukannya dengan sekuat tenaga. Beruntung, kita hanya perlu menggunakan garam untuk membuat sisa makanan pada wajan tidak terlalu lengket dan lebih mudah untuk dilepaskan. 

Cukup dengan merendam wajan dengan air yang sudah diberi garam satu cangkir selama 20 menit, maka kita pun tinggal mencucinya dengan spons cuci piring dengan mudah setelahnya.

2. Spons cuci piring yang sudah kotor

Meskipun bisa membuat peralatan makan dan memasak lebih bersih, dalam realitanya spons cuci piring bisa menjadi sangat kotor dan kaya akan kuman. 

Untuk membersihkan spons cuci piring yang sudah kotor ini, kita hanya perlu merendamnya pada air garam dan kemudian dipanaskan di dalam microwave selama 1 menit. Setelahnya, kita hanya perlu mencucinya seperti biasa.

3. Membersihkan noda kopi pada gelas
Seringkali gelas sangat sulit dibersihkan karena adanya noda kopi yang masih tetap menempel dan membandel. Untuk membersihkannya, kita hanya perlu menggosok-gosokkan garam pada bagian gelas atau cangkir yang bernoda dan kemudian tinggal kita cuci seperti baisa.

4. Tumpahan telur pada meja
Kadangkala saat memasak tanpa sengaja kita menumpahkan telur pada meja. Tak hanya membuat meja menjadi kotor, hal ini tentu akan membuat meja menjadi berbau amis. 
Beruntung, kita hanya perlu menaburkan sedikit garam pada bagian meja yang terkena tumpahan telur dan tinggal kita bersihkan saja dengan lap bersih.

 

Tags
garam