31 May 2017 11:51 WITA

Mengenal Panseksual, Orientasi Seksual Miley Cyrus

Editor: Adil Patawai Anar
Mengenal Panseksual, Orientasi Seksual Miley Cyrus
Miley Cyrus.

RAKYATKU.COM – Salah satu penyanyi yang cukup kontroversial, Miley Cyrus, baru-baru ini kembali membuat heboh dunia entertainment. Penyebabnya adalah pengakuannya bahwa dirinya memiliki orientasi seksual bernama panseksual. Banyak orang yang menyamakan orientasi seksual ini dengan biseksual. Namun, sebenarnya seperti apa orientasi seksual bernama panseksual ini?

Dalam sebuah wawancara, Miley mengaku jika Ia kesulitan memahami gendernya dan ketertarikan seksualitasnya. Saat ditanya apakah Ia cenderung menjadi seorang biseksual, Ia justru menganggap hal tersebut membuatnya terbelenggu. Ia sendiri tidak tahu apakah sebenarnya tertarik dengan wanita atau laki-laki.

Singkat kata, Ia menganggap dirinya terbuka pada siapa saja, termasuk dalam hubungan percintaan atau seksualitas, alhasil, Ia pun menyebut dirinya sebagai orang panseksual.

Dilansir doktersehat.com, pakar kesehatan seksualitas dan perkawinan bernama Holly Richmond, PhD, menyebutkan bahwa meskipun mirip, dalam realitanya panseksual dan dan biseksual ternyata berbeda.

Berbeda dengan biseksual yang hanya mendefinisikan dirinya suka dengan pria atau wanita, mereka yang panseksual sangat terbuka dengan siapa saja, baik itu pria, wanita, transgender, hingga pada orang-orang yang tidak mendefinisikan gendernya seperti Miley ini.

Karena terbuka dengan hubungan pada siapa saja, apakah hal ini berarti Miley dan orang-orang panseksual lainnya menganut pergaulan bebas? Richmond menyebutkan bahwa hal ini tidak benar adanya. Meskipun bisa tertarik pada semua jenis orang, mereka ternyata cukup pemilih untuk menjalin hubungan atau melakukan hubungan intim dengan orang lain.

Di seluruh dunia sendiri, setidaknya kurang dari 1 persen dari populasi mengaku sebagai orang-orang yang panseksual. Namun, ada satu ciri khas yang sangat melekat pada orang-orang panseksual. Jika mereka sudah menemukan cintanya, mereka akan sangat fokus pada pasangannya dan akan menjalani hubungan yang sangat romantis.