Rabu, 17 Mei 2017 22:02 WITA

IWO: Kita Harus Lawan Berita Hoax

Editor: Andi Chaerul Fadli
IWO: Kita Harus Lawan Berita Hoax
Pelantikan pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) di tribun Lapangan Karebosi Kota Makassar, Rabu (17/5/2017).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Pimpinan Pusat Ikatan Wartawan Online (IWO), Jodhi Yudhono mengajak masyarakat untuk cerdas memilah berita. Hal ini ditegaskan saat melantik Pengurus Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) di tribun Lapangan Karebosi Kota Makassar, Rabu (17/5/2017).

Kehadiran IWO, kata dia, merupakan salah satu wadah untuk memberantas berita hoax atau palsu. "Kita harus lawan berita hoax melalui gerakan melawan hoax," ujar Jodhi.

Menurutnya, berita hoax bermula dari obrolan masyarakat yang tidak terkontrol dan bisa mewabah ke seluruh dunia.

Oleh karena itu, lanjut Jodhi, IWO muncul sebagai wadah yang bisa mengontrol berbagai obrolan dan keresahan masyarakat agar tidak menjadi berita hoax.

Jodhi juga menyinggung soal kesejahteraan wartawan yang selama ini masih kurang. "Kurangnya kesejahteraan wartawan yang diberikan perusahaan akan menjadi godaan wartawan di lapangan," kata wartawan senior ini. 

Dua hal yang menjadi fokus IWO adalah soal kesejahteraan wartawan dan pemberitaan yang profesional secara benar menjadi pekerjaan rumah bagi pekerja media.

Di tempat yang sama Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang mengapresiasi kehadiran IWO di Sulsel. Dirinya berharap IWO bisa memberitakan hal-hal yang positif di Indonesia, khususnya Sulsel.

"IWO bisa memberi berita yang memang dibutuhkan oleh masyarakat," kata dia.

Lebih lanjut mantan Ketua DPRD Sulsel ini mengungkapkan, seluruh lapisan masyarakat termasuk pemerintahan membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. "Informasi harus mengikuti perkembangan zaman," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengungkapkan, IWO adalah sebuah wadah organisasi wartawan yang luar biasa, mengingat zaman sekarang adalah zaman tekhnologi atau online. 

"IWO adalah sebuah wadah yang luar biasa dan harus kita dukung bersama," ujar Danny.

"Pisahkan antara fakta dan prasangka. Maka IWO akan bermanfaat dan bermartabat. IWO akan bermafaat dunia hingga akhirat."

Hadir dalam pelantikan tersebut Agus Arifin Nu'mang, Danny Pomanto, perwakilan Pangdam XIV Hasanuddin, Lantamal IV, Kadispora Pemprov Sulsel 
Sri Endang Sukarsih, serta sejumlah ormas dan organisasi kepemudaan lainnya.

Tags

Berita Terkait