Kamis, 31 Maret 2016 00:11 WITA

Begini Cara Komunitas Tanah Indie Tumbuhkan Sikap Gotong Royong

Editor: Mulyadi Abdillah
Begini Cara Komunitas Tanah Indie Tumbuhkan Sikap Gotong Royong

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Perkembangan zaman dan teknologi secara tidak langsung mengurangi kebersamaan dalam tatap muka. Komunitas Tanah Indie & Makassar Berkebun mengadakan event "Tiada Masa Paling Indah Masak-masak di Halaman".

Even yang sepenuhnya dilakukan di halaman rumah itu terdiri dari kegiatan menanam, memasak, makan & nonton bareng gerobak bioskop Dewi Bulan. Even tersebut diselenggarakan dengan tujuan mempraktikkan kembali kegiatan kerja sama dan gotong royong seperti memasak di halaman rumah.

Secara historis, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar.

Salah satu penggiat komunitas Tanahindie, Kurniawan mencontohkan, kegiatan yang dilakukan misalnya saat warga bekerja sama, suka rela membantu hajatan salah satu keluarga. Tapi di lingkungan perkotaan, kegiatan tersebut justru makin berkurang. Olehnya, Melalui inisiatif beberapa komunitas, pagelaran tersebut digelar untuk mempraktikkan kembali budaya kerja bersama, kerja gotong royong dan silaturahmi sekaligus bertatap muka.

Loading...

“Kegiatan ini adalah praktik kerja sama, gotong-royong, berkumpul dan kembali ke halaman rumah dengan kegiatan menanam, memasak, makan dan nonton bareng”,” kata Jack, sapaan Kurniawan, Kamis (31/3/2016).

Dewi Bulan adalah salah satu agenda rutin komunitas Tanahindie. Tema yang dipilih kali ini bertujuan agar kebiasaan warga seperti bekerja bersama bisa kembali diperhatikan dan tetap terjaga. “Semoga dengan kegiatan ini, kita dapat menjaga silaturahmi dengan bertatap muka,” harap Jack.

Kegiatan Gerobak Bioskop Dewi Bulan oleh Komunitas Tanahindie kali ini adalah hasil kolaborasi dengan Komunitas Makassar Berkebun. Beberapa Komunitas yang turut hadir antara lain Rumah Konseling dan Mediasi, Yayasan Sabtu Malam, Blogger Makassar, dan beberapa komunitas anak muda di Makassar.

Loading...
Loading...