Jumat, 18 November 2016 01:56 WITA

Billy Lynn's Long Halftime Walk: Potret Tentara AS di Perang Irak

Editor: Sulaiman Abdul Karim

RAKYATKU.COM - Billy Lynn (Joe Alwyn) usai menjalani peperangan mengerikan di Irak sebagai tentara AS. Lynn, yang tergabung dalam skuad Bravo melakukan sebuah aksi heroik kala berupaya melindungi atasannya, Shroom (Vin Diesel), yang terluka akibat serangan musuh.

Apa yang dilakukan Lynn terbilang berani, karena ia bukan hanya berhadapan dan bertempur dengan musuh secara langsung, tetapi juga dalam jarak dekat. 

Bahkan, ia harus menghabisi nyawa salah seorang musuh lantaran telah membunuh Shroom. Kejadian itu menjadi peristiwa paling mengerikan bagi pria 19 tahun ini selama bela negara. Kejadian tersebut terekam di sebuah kamera wartawan di Irak dan menjadi viral di internet. 

Ini adalah kisah dalam film Billy Lynn's Long Halftime Walk. Seperti dikutip 21cineplex.com, kejadian tersebut justru membuat Lynn dan skuad Bravo dipuja-puja bak pahlawan oleh warga AS. 

Billy Lynn's Long Halftime Walk: Potret Tentara AS di Perang Irak

Loading...

Untuk kepentingan komersil, tim ini diminta kembali sementara guna menjalani tur kemenangan. Puncaknya, kelompok yang dipimpin oleh Dime (Garrett Hedlund) itu tampil di acara jeda turun minum pertandingan football Amerika pada hari Thanksgiving bersama Destiny's Child. Mereka berubah hanya menjadi tontonan atas peristiwa yang sejatinya mengerikan. 
 
Billy Lynn's Long Halftime Walk Diadaptasi dari novel karya Ben Fountain. Film ini menawarkan perspektif menarik soal gambaran nasib yang sesungguhnya dialami oleh tentara AS di perang Irak. Apakah mereka senang di sana? atau ingin selalu kembali pulang? Tidak begitu 'menelanjangi' fakta sebenarnya, karena memang berdasarkan kisah fiksi, namun tetap kritis dan mampu menggugah emosi.

Billy Lynn's Long Halftime Walk: Potret Tentara AS di Perang Irak

Isu-isu yang diangkat pada dasarnya juga telah banyak mengemuka. Misalnya saja terkait seperti apa sejatinya kehidupan yang dijalani para prajurit AS di sana, benarkah ada senjata pemusnah masal yang dimiliki Saddam Hussein, hingga soal tentara yang mengalami trauma pasca perang dan korporasi yang mengambil keuntungan di tengah peperangan. Sudah bukan rahasia lagi, tetapi Lee menyajikannya dengan cara yang berbeda. 
 
Saksikan kisah selengkapnya dalam Billy Lynn's Long Halftime Walk yang saat ini tengah tayang di Cinema XXI.

Billy Lynn's Long Halftime Walk: Potret Tentara AS di Perang Irak

Loading...
Loading...