Sabtu, 09 April 2016 15:00 WITA

Netizen Bingung Kenapa Lukisan Titik-titik ini Bisa Terjual Rp56 M

Editor: Suriawati
Netizen Bingung Kenapa Lukisan Titik-titik ini Bisa Terjual Rp56 M
Untitled

RAKYATKU.COM - Seni memang berbeda di mata setiap orang. Karena alasan itu pulalah banyak yang tidak mengerti mengapa lukisan abstrak di bawah ini bisa begitu berharga.

Pada tanggal 4 April, lukisan berjudul Untitled, karya seniman Korea Kim Hwan Gi (1913-1974) terjual dalam sebuah acara lelang di Hong Kong. Lukisan ini dibuat sekitar tahun 70-an, di masa-masa terakhir sang senima, yang menunjukkan ribuan titik-titik.

Dalam tawaran terakhir, lukisan ini terjual 33 juta dolar Hong Kong, atau setara dengan Rp56 milliar. Pada dasarnya, itu bukan lukisan termahal yang pernah dijual. Tapi ini tetap saja membingungkan bagi sebagian orang, mengapa seseorang mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk membeli lukisan seperti itu.

"Agak terlihat seperti kulit buaya," kata seorang netter.
"Apakah itu tes buta warna?" tulis yang lainnya.
"Mungkin itu stereogram itu?"
"Ini adalah apa yang Anda lihat ketika Anda menjatuhkan wajah Anda ke bantal, kan?"

Loading...

Tapi di antara banyak komentar komentar bingung ini, ada seorang menuliskan komentar mendalam.

Netizen Bingung Kenapa Lukisan Titik-titik ini Bisa Terjual Rp56 M"Pada awalnya saya pikir ini hanya sebuah lukisan biasa. Tapi ini tiba-tiba indah. Jika Anda menatapnya terus-terusan, gambar lain mulai muncul dan menghilang di depan mata Anda. Tidak ada gambar apapun dalam lukisan itu pada awalnya. Sepertinya ia menggunakan warna gelap dan terang untuk bermain dengan mata Anda sehingga Anda akan melihat apa yang ingin Anda lihat. Mereka yang melihatnya akan melihat apa yang mereka inginkan, karena itu adalah Untitled. Jika Anda berpikir tentang hal seperti itu, itu benar-benar mendalam."

Tags
Loading...
Loading...