Selasa, 08 November 2016 02:30 WITA

"Athirah" Sukses Raih Lima Piala Citra  

Editor: Sulaiman Abdul Karim

RAKYATKU.COM - Film Athirah berhasil membawa pulang lia Piala Citra, pada Festival Film Indonesia (FFI) 2016.

Piala itu masing-masing di kategori Film Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Busana Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Selain Athirah, film yang juga mendominasi di kategori FFI 2016 yaitu Rudy Habibie. Kedua film itu sama-sama masuk di 10 nominasi mulai dari kategori akting hingga teknis sinema. 

Walau keduanya mengadaptasi kisah nyata, tapi Athirah dan Rudy Habibie dikemas dengan sangat berbeda. Layar lebar arahan Hanung Bramantyo itu sukses menjadi salah satu film box office dengan meraup 2 juta penonton, sedangkan film garapan Riri Riza dibuat untuk festival.

Loading...


 
Sementara itu Riri Riza, sang sutradara Athirah, mengaku punya kedekatan khusus tentang kisah dari filmnya. Jalinan kerjasama yang solid dengan seluruh tim produksi juga sangat membantunya untuk menggarap layar lebar itu secara maksimal.
 
"Saya memang menunggu membuat film yang akrab di telinga saya dan akhirnya terwujud di Athirah karena latar belakang kisahnya ada di Makassar, Sulawesi Selatan, kampung halaman saya. Bersyukur sekali saya bisa didekatkan kembali dengan identitas saya, semoga layar lebar ini bisa dikenang dalam waktu yang panjang. Penghargaan ini saya persembahkan untuk ibu saya yang ajarkan kasih sayang dan itulah Athirah," kata Riri.

 

Loading...
Loading...