Sabtu, 30 April 2016 22:25 WITA

6 Bulan Selami Kisah 'Rangga dan Cinta', Aan Mansyur: Ini Tantangan Berat

Penulis: Ais Nurbiyah Al- Jum'ah
Editor: Wiwi Amaluddin
6 Bulan Selami Kisah 'Rangga dan Cinta', Aan Mansyur: Ini Tantangan Berat
Aan Mansyur saat melaunching Buku "Tidak Ada New York Hari Ini" di Mari Arcade Mall Ratu Indah Makassar, Sabtu (30/4/2016).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Berbicara soal rasa, bukanlah hal mudah. Membawa perasaan dalam kata apalagi, tak semua orang mampu melakukannya. Namun, ditangan Aan Mansyur, merangkai rasa pada susunan kata, hingga menjadi bait-bait puisi yang indah, sudah menjadi makanan sehari-harinya. 

Terbukti, sejumlah buku puisi karangan Aan Mansyur berhasil mendobrak pintu hati pecinta kata di Indonesia. Keberhasilan itu membuat sejumlah buku karangan Aan meraih permintaan besar di pasaran. Semisal, buku kumpulan puisi Aan Mansur, Melihat Api Bekerja. Buku tersebut meraih posisi best seller di sejumlah rak toko buku di Indonesia.

Kepiawaian Aan menempatkan rasa menjadi bait-bait puisi, membawa pria berkacamata ini terlibat dalam film layar lebar yang ditunggu-tunggu orang banyak; Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2. Dalam film romansa berseri tersebut,  Aan dipercayakan menulis puisi yang mengutarakan perasaan Rangga selama 14 tahun berpisah dengan Cinta.

(Baca juga:  Ada Adegan Ciuman dengan Nicholas Saputra di AADC2, Ini Kata Dian Sastroayang Perdana, AADC 2 Hipnotis 200 Ribu Penonton)

Dalam kehidupan nyata, 14 tahun bukanlah waktu singkat bersabar dalam penantian. Tak mudah memendam rasa, menahan gejolak rindu di dada, yang tak satu pun tahu, siapa penempat cinta yang tepat dalam kehidupan nantinya.

Aan pun demikian. Diakuinya, masuk dalam romansa cinta dua insan yang baru kembali bertemu, bukanlah hal mudah. Ia butuh waktu 6 bulan menyelesaikan 31 puisi tentang perasaan Rangga ke Cinta, dalam karangan buku puisi "Tidak Ada New York Hari Ini". 

"Menjadi orang yang dipercaya menulis puisi AADC 2 ini, pastinya berat bagi saya. Namun, Ini juga menjadi tantangan saya. Total waktu menyelesaikan ini 6 bulan, 3 bulan riset, 3 bulannya lagi menulis puisi," ungkap Aan kepada Rakyatku.com usai melaunching Buku "Tidak Ada New York Hari Ini" di Mari Arcade Mall Ratu Indah Makassar, Sabtu (30/4/2016).

6 Bulan Selami Kisah 'Rangga dan Cinta', Aan Mansyur: Ini Tantangan BeratUntuk menjadi bait-bait puisi sempurna, mengharuskan pria bertubuh mungil ini, menyelami gejolak rasa serupa perasaan Rangga dalam film tersebut. Apa yang dialami Rangga selama selama jauh dengan Cinta, sewaktu di New York, terangkum sempurna dalam buku puisi yang juga diterbitkan salah satu percetakan di negeri jiran, Malaysia.

loading...

"Sungguh ini di luar ekspektasi saya. Buku yang sepenuhnya berisikan puisi Rangga, bukan puisi saya, ternyata tak hanya diterbitkan Gramedia, tapi juga penerbit Malaysia,"ujar pria kelahiran 1982 silam ini.

Pada launching buku "Tidak Ada New York hari Ini", jAan juga mengenalkan event edukasi tahunan, Makassar International Writer Festival (MIWF). Kegiatan yang juga melibatkan dirinya sebagai penyelenggara acara, akan berlangsung 18-21 Mei 2016, mendatang.

Serupa tahun lalu, kegiatan yang diusung Rumata' Art tersebut, digelar di Benteng Fort Rotterdam, Makassar. Sejumlah agenda pendukung sebelum acara puncak, tengah dimulai pekan lalu.

Launcing buku puisi karangan,  Aan Mansyur, menjadi salah satu rangkaian acara yang dihelat selama emat hari itu.

Pada kesempatan tersebut,  Aan Mansyur menyempatkan membaca beberapa Puisi hasil karyanya yang terangkum dalam buku "Tidak Ada New York hari Ini". 

6 Bulan Selami Kisah 'Rangga dan Cinta', Aan Mansyur: Ini Tantangan Berat

 

Loading...
Loading...