Jumat, 02 September 2016 00:47 WITA

Ini Cerita di Balik Film Uang Panai

Penulis: Ais Nurbiyah Al- Jum'ah
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Ini Cerita di Balik Film Uang Panai
Kru dan pemain Film Uang Panai saat bertandang ke Rakyatku.com. (Muh Fadel)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Film Uang Panai' satu minggu terakhir ini menyedot perhatian masyarakat Makassar. Sebuah film yang lahir dari tangan sineas-sineas muda asal Makassar.

Menjadi film pertama karya sineas Makassar yang ditayangkan di 25 kota di Indonesia. Serta meraup keuntungan miliaran.

Lalu apa sebenarnya yang melatarbelakangi lahirnya film tersebut. Produser Film Uang Panai, Amril Nuryan mencoba memaparkannya.

"Sebenarnya ini menjawab kegelisahan masyarakat yang ingin melamar perempuan bugis Makassar. Saya melihat banyak teman-teman yang terkendala atau kesulitan menikah hanya karena gara-gara uang panai," jelas Amril kepada Rakyatku.com. Kamis, (1/9/2016).

Ini Cerita di Balik Film Uang Panai(Antrian penonton Film Uang Panai). Foto: Muh Fadel

Oleh karena itu, imbuh Amril. Film ini hadir untuk menjawab bahwa Uang Panai' itu bukan momok. Dan bukan ajang menunjukan derajat sosial ataupun sekedar gengsi. Tapi Uang Panai adalah bentuk penghargaan kepada perempuan.

Loading...

"Saya melihat budaya ini menjadi sebuah momok bagi calon pengantin. Saya mau memberikan pemahaman bahwa uang panai itu bukan momok tapi tanggung jawab bukan juga sebagai gengsi dan menentukan standar sosial seseorang," jelasnya.

Hal tersebut menurut Amril terbukti dengan beragamnya respon masyarakat setelah menonton film tersebut.

Ini Cerita di Balik Film Uang Panai

"Dan terbukti banyak orang yang responnya terkait uang panai, sampai ada yang menangis. Mungkin karena pengalaman pribadi. Macam-macam. Saya beberapa kali ikut nonton film ini. Saya lebih suka melihat ekspresi penontonnya," tuturnya sambil terkekeh.

Selain itu, lanjut Amril. Orang yang telah menonton film ini utamanya laki-laki akan lebih sadar. Sebelum menikah harus mempersiapkan diri dengan baik.

Loading...
Loading...