Kamis, 07 November 2019 02:00 WITA

Cara Menyimpan Kopi Agar Awet Harum dan Berkualitas Baik

Editor: Adil Patawai Anar
Cara Menyimpan Kopi Agar Awet Harum dan Berkualitas Baik

RAKYATKU.COM - Pecinta kopi pasti memiliki persediaan kopi di rumah, entah itu kopi dalam bentuk bubuk atau biji. Meski memang bisa disimpan dalam wkatu lama namun kopi juga bisa kehilangan kualitasnya jika tak disimpan dengan tepat.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan jika menyimpan kopi adalah kualitas rasa, aroma dan kesegarannya. Begini caranya agar kopi yang disimpan di rumah awet dan berkualitas baik.

1. Beli dalam bentuk biji

Kopi dalam bentuk biji lebih awet karena aroma kopi tetap terjaga di dalam biji, dan karena kopi dalam bentuk biji memiliki permukaan yang lebih sempit dibanding kopi bubuk yang sudah dihancurkan. Kopi bubuk akan lebih mudah mengurakan aroma dan menghilangkannya sehingga kopi tidak segar lagi dan tidak nikmat lagi saat diseduh. Untuk hal ini, kamu juga harus punya grinder atau pengggiling kopi di rumah.

2. Maksimal disimpan selama 2 minggu saja

Loading...

Jangan beli berkilo-kilo. Maksimal belilah 1 kilogram saja untuk disimpan dan dikonsumsi sendiri di rumah jika memang dikonsumsi setiap hari. Hal ini berlaku terutama jika membeli kopi bubuk. Meski dikemas dengan baik namun kualitas biji kopi akan lebih terjaga jika dibeli dalam kondisi fresh. Beli dalam kemasan kecil untuk mencegah kopi kehilangan kesegarannya.

3. Simpan dalam wadah kedap udara

Udara adalah variabel yang bisa mengurangi kualitas kopi, menghilangkan aroma kopi, terutama yang bubuk. Itulah mengapa sebaiknya kopi disimpan dalam wadah kedap udara. Entah toples atau plastik sealed, pastikan tidak ada kontak dengan udara.

Kopi juga sebaiknya disimpan di area yang teduh, sejuk dan tidak terkena cahaya matahari langsung. Itu dia sekian cara menyimpan kopi agar awet dan kualitasnya terjaga.

Loading...
Loading...