Senin, 14 Oktober 2019 10:42 WITA

KPSI Simpul Makassar Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Mental

Editor: Adil Patawai Anar
KPSI Simpul Makassar Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Mental

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -  Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) Simpul Makassar peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia di Kawasan Car Free Day, Minggu (13/10/2019). 

Kegiatan ini mengajak masyarakat yang berada di kawasan ini untuk lebih peduli dan mau meningkatkan kepeduliannya akan pentingnya kesehatan mental. 128 orang ikut berpartisipasi dan menandatangani petisi.

Ketua KPSI Simpul Makassar, Indra mengatakan, kegiatan ini bertemakan Promosi Kesehatan Mental dan Pencegahan Bunuh Diri. Sebelumnya, serangkaian dengan kegiatan ini telah digelar diskusi dalam bentuk Bazar Edukasi yang menghadirkan pemateri, yakni dokter ressiden di RSKD Dadi Makassar, dr. Wahyu Eka Putra Gani. 

"Bunuh diri menjadi penyebab kematian nomor dua pada kalangan usia 15-29 tahun di Indonesia. Selain itu, dr. Wahyu berpesan bahwa hal yang lebih penting adalah membuka ventilasi, menyediakan telinga dan menutup mulut. Bukan men-judge, namun lebih kepada bagaimana menjadi pendengar yang baik untuk orang lain di sekitar kita," kata Indra, Senin (14/11/2019).

Ia menjelaskan, Bazar edukasi dilakukan guna untuk mengembangkan diskusi ilmu kesehatan jiwa dengan konsep yang mudah diterima oleh semua kalangan, contohnya adalah bazaar. Di kegiatan ini juga diisi dengan penampilan music dari Makassar Musical Project.

Loading...

"Sedangkan untuk tanda tangan petisi ini sebagai salah satu cara dalam membuktikan bahwa masyarakat yang ada di Makassar masih memiliki kepedulian akan pentingnya kesehatan jiwa”, ungkap lelaki yang berlatar keilmuan keperawatan ini.

Kegiatan ini juga didukung oleh Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI) dan Perkumpulan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJ). Ke depannya KPSI berupaya untuk menjadi wadah bagi pihak-pihak terkait, yakni Orang dengan Gangguan Mental maupun Orang dengan Skizofrenia, keluarga (caregiver), tenaga ahli dan masyarakat umum untuk mewujudkan kehidupan di masyarakat yang lebih baik. Sesuai dengan visi KPSI, yakni terwujudnya keadilan dan hidup yang setara bermasyarakat.

Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia atau yang disingkat dengan KPSI Simpul Makassar merupakan organisasi di bidang kesehatan mental, khususnya dalam hal edukasi. Anggota KPSI ini datang dari berbagai kalangan, yakni Orang Dengan Skiofrenia (ODS), keluarga (Caregiver), tenaga profesional hingga masyarakat umum. KPSI telah ada di beberapa kota di Indonesia dan untuk di Makassar baru berdiri pada tahun 2019 ini.

Loading...
Loading...