Senin, 07 Oktober 2019 01:00 WITA

Sukses Perankan Joker, Fakta Joaquin Phoenix yang Tak Banyak Diketahui

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Sukses Perankan Joker, Fakta Joaquin Phoenix yang Tak Banyak Diketahui

RAKYATKU.COM - Film Joker ramai menjadi perbincangan sejak tayang di bioskop Indonesia sejak 2 Oktober dan 4 Oktober di seluruh dunia.

Sebagai pemeran Joker, Joaquin Phoenix pun mendapat pujian dan dielu-elukan sebagai aktor yang berhasil memerankan karakter villain secara gelap, serta dramatis.

Joaquin Phoenix merupakan pria di balik sosok Arthur Fleck, seorang komedian gagal yang didorong gangguan mental dan beralih ke kehidupan kejahatan, serta terlibat dalam kekacauan di Gotham City.

Bahkan, beberapa ulasan menyebut aktor 44 tahun ini berhasil menghidupkan kembali karakter Joker secara lebih berani dan 'gelap'. Itulah alasannya mengapa laporan Deadline menuliskan bahwa film garapan sutradara Todd Phillips ini mendapatkan tepuk tangan penonton selama delapan menit di Venice Film Festival.

Dilansir Inews, berikut deretan fakta seputar Joaquin Phoenix:

1. Phoenix Bukan Nama Asli

Phoenix lahir dari nama lahir Joaquin Rafael Bottom di distrik Río Piedras di San Juan, Puerto Rico, dari pasangan John Lee Bottom dan Arlyn née Dunetz. Keduanya menikah dan memiliki lima orang anak, termasuk Joaquin.

Keluarga Joaquin sebelumnya hidup dalam kemiskinan yang tergabung dalam anggota sekte keagamaan tertentu sebelum mereka akhirnya kecewa dan meninggalkan sekte tersebut, sekaligus mengubah nama 'Bottom' menjadi 'Phoenix'.

2. Mengamen di Jalanan hingga Jadi Aktor Cilik

Demi makanan dan dukungan finansial keluarga, Joaquin dan saudaranya tampil di jalanan dan berbagai kontes bakat menyanyi dan memainkan instrumen. Hingga suatu hari mereka ditemukan oleh salah satu agen anak-anak terkemuka Hollywood, Iris Burton, yang menyalurkan mereka untuk jadi bintang iklan dan acara televisi.

Loading...

3. Debut Bersama Kakak

Pada usia delapan tahun, Phoenix melakukan debut aktingnya bersama saudara lelakinya River Phoenix dalam serial televisi Seven Brides for Seven Brothers. Setelah debut, dia kemudian banyak membintangi serial televisi dan bahkan film.

4. Berhenti Akting setelah River Meninggal

Pada 31 Oktober 1993, tiga hari setelah ulang tahun Phoenix yang ke-19, kakaknya, River, menderita overdosis obat-obatan dan meninggal. Panggilan Phoenix kepada 911 untuk mencari bantuan berulang kali diputar di radio dan televisi. Akhirnya sebagai  tanggapan, Phoenix mundur dari mata publik selama sekitar satu tahun.

5. Raih Banyak Penghargaan sebelum Joker

Phoenix kembali terjun ke industri hiburan dan membintangi sejumlah film. Beberapa film yang dibintanginya, berhasil membawanya mendapat nominasi serta meraih penghargaan bergengsi. Di antaranya dinominasikan tiga kali di Academy Awards, tiga kali di British Academy Film Awards, dan lima kali Golden Globe Awards.

Kemudian dia pernah memenangkan  Golden Globe Award, Grammy Award, Independent Spirit Award, Cannes Film Festival, Venice Film Festival, Los Angeles Film Critics Association, dan National Board of Review.

Beberapa film ternama yang dibintanginya adalah Gladiator, Walk The Line, The Master, Her, dan You Were Never Really Here, di mana dia memenangkan Penghargaan Festival Film Cannes untuk Aktor Terbaik.

 

Loading...
Loading...