Senin, 07 Oktober 2019 07:00 WITA

6 Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
6 Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang dari Cara Bicara
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Ada begitu banyak cara mengungkap kepribadian seseorang, mulai dari cara berjalan, garis wajah hingga cara bicara. 

Ada banyak cara bicara yang bisa dikenai dari banyak orang. Dan ternyata perbedaan ini menyimpan makna tersendiri. 

Dilansir laman Fimela, Senin (7/10/2019). ini beberapa cara mengetahui sifat seseorang dari caranya bicara. 

1. Bicara Cepat

Orang yang sering bicara cepat atau tempo yang terburu-buru biasanya adalah orang yang ingin didengar. Seringkali mereka tak punya waktu banyak untuk bicara atau sering disela saat bicara sehingga ketika ada waktu untuknya bicara, ia berusaha secepat mungkin menyampaikan pikirannya.

2. Bicara dengan Suara Pelan

Beberapa penelitian psikologis menemukan bahwa orang-orang yang suka bicara dengan suara pelan seringkali memiliki masalah dengan kepercayaan diri. Mereka sering minder atau merasa rendah diri sehingga merasa lebih baik memelankan suara. Seringkali ketika bicara mereka juga menundukkan kepala atau bersikap malu-malu.

3. Bicara Sarkas

Berdasarkan penelitian dari University of California San Francisco, orang yang sering berkata-kata sarkas dan kasar ternyata memiliki mental dan fungsi otak lebih baik dibanding mereka yang tak pernah menerima kata-kata kasar atau berkata sarkas. Bukan hanya itu, orang sarkas memiliki kepribadian yang terang-terangan, apa adanya dan biasanya memiliki karakter kuat dan dominan.

Loading...

4. Bicara dengan Tempo Lambat

Orang yang bicara dengan tempo lambat memang seringkali memberi kesan tidak cerdas dan membosankan, namun hal ini bisa saja salah. Orang yang bicara lambat seringkali adalah orang yang pemikir dan cerdas. Mereka tidak buru-buru dalam menyampaikan maksud dan pemikirannya.

5. Bicara dengan Suara lantang

Orang suka bicara dengan suara lantang atau keras, entah itu dalam tempo lambat atau cepat, biasanya adalah orang yang ingin mendominasi atau memimpin. Seringkali orang yang bicara dengan suara lantang adalah tipe yang tegas. Namun bisa juga sebaliknya, orang yang suka bicara lantang adalah yang ingin mencari perhatian dan haus pujian atau dukungan dari orang sekitar.

6. Bicara dengan Lembut

Kebalikan dari orang yang bicara sarkas, orang-orang yang bicara dengan kata-kata lembut biasanya terlalu khawatir dengan apa kata orang.

Ia berusaha menunjukkan citra baik sehingga tak ada cela, namun sebenarnya punya maksud tersembunyi. Bisa jadi maksud itu baik, tapi bisa juga buruk. Faktor seperti ekspresi wajah dan kebiasaan lainnya juga perlu dipertimbangkan.

Ternyata cara bicara bisa mengungkap kepribadian dan sifat seseorang. Terlepas dari bagaimana seseorang bicara, kepribadian seseorang tak hanya bisa diungkap dari caranya bicara. Ada banyak hal lain yang bisa mengungkap kepribadian. 

Loading...
Loading...