Jumat, 06 September 2019 05:30 WITA

Fakta Freddie Mercury yang Pernah Ingin Mempercepat Kematian

Editor: Fathul Khair Akmal
Fakta Freddie Mercury yang Pernah Ingin Mempercepat Kematian
Freddie Mercury

RAKYATKU.COM - Kamis kemarin (5/9) merupakan momen spesial bagi penggemar Queen dan Freddie Mercury. Usut punya usut, hari ini adalah hari kelahiran pelantun "We Are The Champion" tersebut. Apabila pria legendaris itu masih hidup, Freddie Mercury saat ini berusia 73 tahun.

Nama Freddie Mercury selalu disanjung sebagai salah satu vokalis terbaik di industri musik. Namun belakangan, popularitasnya kembali meroket, terutama di kalangan anak muda yang tak merasakan langsung kejayaan Queen pada tahun 70 dan 80-an.

Hal itu lantaran efek dari suksesnya film Bohemian Rhapsody yang dibintangi Rami Malek. Hanya saja, film berdurasi dua jam ini tentu tak bisa merangkum seluruh hal menarik dalam perjalanan hidup pria kelahiran Zanzibar ini. Padahal, banyak hal-hal menarik, bahkan aneh dan luar biasa mengenai kehidupan Freddie Mercury.

Berikut brilio.net rangkum beberapa fakta menarik mengenai sosok Freddie Mercury semasa hidupnya, dari berbagai sumber.

1. Pencinta kucing.
Freddie Mercury boleh saja menyanyikan lagu "Love of My Life" untuk mantan tunangan yang ia cintai sampai akhir hayatnya, Mary Austin. Tapi ada cinta sejati lain di hidupnya, yakni kucing-kucing kesayangannya.

Dilansir dari artikel Vanity Fair, Freddie Mercury sempat memelihara 10 kucing, yang ia anggap seperti anak sendiri.

Kekasih Freddie Mercury yang terakhir, Jim Hutton, mengatakan Freddie pernah ngamuk dan melempar panggangan keluar jendela gara-gara kucingnya yang bernama Goliath hilang. Setelah sang kucing ditemukan, Freddie langsung mengelus-elus peliharaannya dengan penuh kasih sayang.

"Lalu, seperti seorang ibu, Freddie memarahi kucing itu, berteriak kepada si kecil Goliath karena pergi dari Garden Lodge," kata Jim Hutton.

2. Menyamarkan Putri Diana.

Dalam buku biografinya, aktris Inggris Cleo Rocos sempat bercerita kebandelan yang ia lakukan bersama Freddie Mercury dan Putri Diana. Mereka sempat mengunjungi sebuah bar khusus untuk kaum penyuka sesama jenis di London.

Agar tak menjadi masalah, Putri Diana keluar dengan sembunyi-sembunyi. Ia menutupi identitasnya dengan jaket, topi, dan kacamata.

"Saat kami masuk...kami berpikir Putri Diana akan langsung ketahuan. Tapi orang-orang seperti buta melihatnya. Dia seperti menghilang. Dan dia menyukainya," kata Rocos dalam sebuah acara TV, seperti dilaporkan Vanity Fair.

3. Gagal duet dengan Michael Jackson karena hewan Llama.
Pada 1983, Freddie Mercury dan Michael Jackson sebetulnya punya rencana untuk melakukan duet. Kolaborasi antara vokalis Queen dan Sang Raja Pop memang terdengar luar biasa.

Tiga lagu telah ditulis dan dibuat demonya. Tapi sayang, rencana tinggal rencana. Duet ini gagal dilakukan, gara-gara seekor Llama.

Loading...

Llama tersebut rupanya adalah binatang kesayangan Michael Jackson, yang bahkan dibawanya sampai ke studio. Freddie Mercury jelas merasa risih.

Jim Beach, mantan manajer Freddie Mercury mengatakan sang penyanyi sempat meneleponnya, mengeluhkan keberadaan llama ini. "Kamu bisa ke sini? Kamu harus ke sini mengeluarkanku, aku rekaman bareng Llama," tutur Jim Beach, seperti diwartakan Vanity Fair pada 2018.

4. The Show Must Go On jadi lagu terakhir.

Pada 1990, setahun sebelum Freddie Mercury meninggal karena penyakit komplikasi dari AIDS, Queen merekam lagu "The Show Must Go On". Kala itu Freddie Mercury sangat lemah bahkan sudah kesulitan berjalan.

Dilansir dari Rolling Stones, Brian May sempat ragu apakah sang sahabat masih bisa menyanyi. Namun seperti judul lagu yang hendak mereka rekam, Freddie tak mau menyerah dan meneruskan rekaman.

"Dia bilang, 'Aku akan melakukannya, darling'—lalu dia menenggak vodka—masuk studio lalu menghabisinya, ia benar-benar menguras vokalnya," tutur sang gitaris Queen tersebut.

5. Berusaha mempercepat kematian.

Hari-hari terakhir menjelang kematiannya, kondisi Freddie Mercury sudah sangat menurun. Selain tak bisa meninggalkan tempat tidur, sang vokalis juga mulai kehilangan penglihatannya.

Mantan tunangan Freddie, Mary Austin, sempat menemani minggu-minggu terakhir dalam hidup sang vokalis. Dalam sebuah wawancara dengan majalah OK, Mary menyebut kala itu Freddie menolak pengobatan demi mempercepat kematiannya. Untuk mengurangi penderitaannya, Freddie hanya memilih untuk minum obat penghilang rasa sakit.

Freddie meninggal pada 24 November 1991, sekitar 24 jam setelah ia mengumumkan secara terbuka bahwa ia menderita AIDS.

Freddie Mercury meninggal pada usia 45 tahun karena bronchial pneumonia yang merupakan komplikasi dari AIDS.

Sumber: Brilio.net

Loading...
Loading...