Senin, 22 April 2019 07:30 WITA

Mengapa Banyak Orang Pakai Arloji di Tangan Kiri?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Mengapa Banyak Orang Pakai Arloji di Tangan Kiri?
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Saat pergi kerja, mungkin di antara teman-teman ada yang selalu mengenakan arloji. Arloji atau jam tangan bukan sekadar aksesoris, namun juga sebuah alat penunjuk waktu.

Kebanyakan orang mengenakan jam tangan di pergelangan tangan kiri nya. Kenapa begitu, ya?

Apakah mengenakan jam tangan di pergelangan tangan di tangan kanan itu keliru? Sebaiknya Kita Mengenakan Jam Tangan di Tangan Kanan atau Kiri?

Menurut spesialis arloji Stephen Charles, sebenarnya tidak ada aturan mengenakan jam tangan, teman-teman.

Namun, menurut Stephen, lebih banyak orang mengenakan jam tangan di pergelangan tangan kiri. Rupanya, ini disebabkan oleh beberapa hal.

Yang pertama karena sebagian besar populasi manusia di dunia memiliki tangan kanan sebagai tangan dominan. Sehingga jam tangan nya dikenakan di bagian tangan yang tidak dominan, yaitu tangan kiri.

Tangan dominan adalah tangan yang lebih sering kita gunakan untuk melakukan aktivitas. Kebanyakan bagian untuk mengatur jam tangan terletak di bagian kanan jam tangan. 

Sehingga untuk memudahkan pengaturan jam tangan, orang-orang mengenakan nya di pergelangan tangan kiri.

Letak bagian pengaturan jam tangan ini juga memudahkan orang yang mengenakan jam tangan di pergelangan tangan kanan.

Bahkan kalau kita kidal atau punya tangan dominan sebelah kiri, letak pengaturan yang ada di bagian kanan arloji juga masih mudah untuk diatur.

Jadi, sebenarnya kita bisa mengenakan jam tangan di pergelangan tangan mana saja sesuai kenyamanan kita.

Tapi, ada keuntungan nya mengenakan jam tangan di bagian tangan yang tidak dominan. Yaitu, mengenakan jam tangan di sebelah kiri bagi teman-teman yang sering menggunakan tangan kanan atau sebaliknya.

Keuntungan Mengenakan Jam Tangan di Tangan yang Tidak Dominan

1. Lebih Praktis

Tentu saja kita jadi lebih mudah melakukan pengaturan pada jam tangan yang kita kenakan. Karena yang mengaturnya adalah tangan kita yang tidak dominan, teman-teman.

2. Lebih Hati-Hati dan Nyaman

Tangan dominan kita cenderung memiliki lebih banyak aktivitas, teman-teman. Misalnya seperti menulis atau mengambil benda. Sehingga mengenakan arloji di bagian tangan dominan bisa membuat kita tanpa sengaja menggores permukaan jam tangan kita.

Kemudian, jika teman-teman mengenakan jam tangan berukuran besar di tangan dominan, jam ini bisa terasa mengganjal saat kita menulis, teman-teman. Namun, selama kamu nyaman, tidak masalah mengenakan jam tangan di pergelangan tangan kanan atau kiri.

Sumber: Bobo

Tags
Loading...
Loading...

Berita Terkait