Minggu, 24 April 2016 11:13 WITA

800 Burung Adu Kicau di Eks Terminal Toddopuli

Penulis: Andi Dahrul Mahfud Muchtar
Editor: Andi Chaerul Fadli
800 Burung Adu Kicau di Eks Terminal Toddopuli
Peserta lomba kicau burung mendaftar di stan panitia pelaksana di eks Terminal Toddopili, Minggu (24/4/2016). foto: Dahrul/Rakyatku.com

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekitar 800 peserta mengikuti lomba kicau burung di eks Terminal Toddopuli, Jl Jl Toddopuli Raya Utara, Minggu (24/4/2016). Masing-masing peserta membawa minimal satu burung untuk dilombakan pada kegiatan skala nasional ini.

"Jumlah peserta sampai saat ini tercatat 800 peserta dari berbagai komunitas di Sulsel, antara lain Kota Makassar, Kabupaten Maros, Bulukumba, Bantaeng, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Semua perwakilan setiap daerah hadir kali ini untuk mendaftarkan burung kicauannya untuk berlomba," ujar ketua panitia pelaksana, Andreas Rony kepada Rakyatku.com.

Andreas yang ditemui di lokasi kegiatan menjelaskan, dalam perlombaan ini ada 34 jenis burung yang akan beradu, seperti Rio Rio, Kenari Besar, Love Bird, Murai Batu, Cucak Ijo, dan Jalak Bebas.

"Jenis penilaiannya sama halnya dengan lomba kicauan burung di seluruh tempat, seperti durasi, irama, dan keindahan suara lainnya," tambahnya.

Peserta akan terbagi dalam empat kategori. Tiap Kategori memiliki hadiah berbeda. Misalnya Kelas Jati Jajar dengan total hadiah Rp700 ribu, E-Bodre Rp1,5 juta, Ebod Joss Rp2,5 juta, Ebod Solution Rp5 juta, dan Ronggolawa Sulsel Rp10 juta. 

Loading...

Kegiatan yang dilakukan tiga bulan sekali ini masih menerima pendaftaran peserta. Pengumuman pemenang akan dilakukan sekira pukul 20.00 Wita.

Haris, salah satu peserta juga mengaku punya kesan tersendiri mengikuti kompetisi ini meski hadiah yang ditawarkan menurutnya tidak begitu banyak.

"Saya cuma ikuti lomba kelas bawah, yang pendaftarannya juga tidak begitu mahal, cuma Rp50 ribu. Cuma sekadar hobby saja, sekaligus bisa saling bersilaturahmi dan saling mengenal serta belajar dari para senior untuk merawat burung jadi lebih sehat dan terampil dalam kicauannya," katanya.

Kegiatan yang digelar Kancil Community Makassar ini juga menampilkan diskusi Pelestarian dan Kesehatan Burung.

Loading...
Loading...