Sabtu, 02 Februari 2019 02:00 WITA

Ternyata Laki-laki Juga Punya Ketakutan Menikah, Mengapa?

Editor: Nur Hidayat Said
Ternyata Laki-laki Juga Punya Ketakutan Menikah, Mengapa?
Ilustrasi. (Foto: Dansmedia)

RAKYATKU.COM - Setiap pasangan yang sedang menjalin hubungan cinta, pasti berharap akan berakhir dengan pernikahan.

Akan tetapi, bisa sekian lama menjalin hubungan dan masih belum ada tanda-tanda si dia akan segera melamar.

Bahkan ketika mengajaknya membahas pernikahan saja, dia akan langsung menghindar dan mengalihkan topik pembicaraan. Apa ya yang membuatnya seperti ketakutan untuk berkomitmen? 

1. Keluarganya tidak merestui hubungan kalian
Salah satu hal yang seringkali menjadi masalah dalam suatu hubungan adalah mendapatkan restu dari keluarga. Tidak sedikit pasangan yang harus kandas hubungan cintanya hanya karena tidak mendapatkan restu dari keluarga. 

Ketika keluarganya tidak merestui hubungan kalian, tentu saja si dia akan ragu untuk menikah denganmu. Karena bagaimanapun juga tentu saja keluarga adalah hal yang penting.

2. Memiliki trauma masa lalu dengan pernikahan
Tidak semua orang memiliki masa lalu yang buruk, namun ada juga orang yang memiliki trauma dengan kejadian buruk di masa lalunya. Pasanganmu mungkin termasuk salah satunya. Ketakutannya akan pernikahan, bisa saja berhubungan dengan masa lalunya.

Mungkin dia masih trauma melihat perceraian orang tuanya, atau trauma karena melihat ayah dan ibunya selalu bertengkar. Atau bahkan mungkin dia trauma karena pernah mengalami kegagalan dengan pernikahannya di masa yang lalu.

3. Masih mencintai kebebasannya
Ketika hubungan sudah berjalan cukup lama, tentu saja wajar kalau kamu mulai mengajaknya untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Tapi setiap kali kamu mulai membicarakan hal ini, responnya tidak seperti yang kamu harapkan.

Mungkin saat ini si dia masih tidak ingin terikat. Dia masih ingin bebas menikmati hidupnya sebagai seorang pria lajang. Karena itulah dia bersikap malas-malasan saat diajak untuk menikah.

4. Belum merasa siap untuk menikah
Berkomitmen di dalam suatu hubungan, berarti dia kelak harus bertanggung jawab membiayai semua kebutuhan kamu. Menikah kan tidak bisa hanya mengandalkan cinta saja.

Ketika dia menghindar saat kamu mengajaknya untuk menikah, bukan berarti dia tidak serius dengan kamu. Mungkin dia masih merasa belum mapan, dan belum siap menafkahi kamu.

5. Merasa dipaksa untuk menikah
Walaupun kamu dan dia sudah lama menjalin hubungan dan sudah merasa cocok satu sama lain, namun si dia tentu akan melarikan diri kalau kamu terus menerus memaksanya untuk segera menikahi kamu.

Siapa yang tahan kalau harus menghadapi tekanan setiap hari? Karena itulah, jangan heran ketika si dia lari menghindar saat kamu mulai membahas tentang pernikahan di hadapannya.

6. Masih fokus dengan kariernya
Di zaman sekarang ini, banyak orang yang menunda pernikahannya karena masih fokus mengejar karir. Mungkin pasangan kamu termasuk salah satunya. Bisa saja dia merasa kalau kariernya akan sulit berkembang ketika sudah menikah.

Karena itulah jangan heran kalau dia tidak antusias untuk membahas pernikahan dengan kamu. Saat ini fokus utama hidupnya hanya karirnya, bukan menikah.

7. Ada wanita lain dalam hidupnya
Kamu mungkin sudah tidak asing dengan istilah WIL atau Wanita Idaman Lain. Karena memang banyak sekali hubungan yang hancur karena kehadiran orang ketiga. Ketakutannya untuk menikahimu bisa saja karena ternyata si dia sudah memiliki istri, atau mungkin saja ternyata kekasihnya bukan cuma kamu saja. Menyakitkan banget ya?

Itulah beberapa alasan mengapa pria takut untuk menikah. Kalau pasanganmu selalu menghindar ketika kamu sedang membahas pernikahan, bisa jadi dia mengalami salah satu dari tujuh hal diatas. Tapi apapun alasan dia menghindari pernikahan, sebagai pasangannya kamu harus bisa memahami dan membantu dia mencari jalan keluar yang terbaik. 

Sumber: IDN Times

Loading...