Senin, 14 Januari 2019 14:32 WITA

Derita Stroke, Robby Tumewu Jual Rumah Demi Berobat Sebelum Meninggal

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Derita Stroke, Robby Tumewu Jual Rumah Demi Berobat Sebelum Meninggal

RAKYATKU.COM - Komedian, aktor sekaligus desainer Tanah Air, Robby Tumewu, telah menghembuskan nafas terakhirnya pada (14/1/2018).

Aktor usia 65 tahun ini diketahui menderita stroke sejak 2010 silam. Kondisi Robby pun diketahui terus menurun, sehingga sempat menjalani operasi otak di tahun 2013, hingga tenggorokannya harus dilubangi karena susah bernafas.

Proses penyembuhan Robby ternyata juga menguras perekonomiannya. Diketahui, salah seorang sahabat, Harry de Fretes, mengungkapkan bahwa Robby pernah menjual rumah untuk biaya berobat.

"Sakit itu kan salah satu (penyebab meninggal)nya lah, yang harus dipikirkan itu biaya pengobatan, Mas Robby sudah kehilangan rumahnya, dijual," ungkap Harry dilansir detikHot, Senin (14/1/2018). 

Lebih lanjut, Harry menjelaskan, bahwa jenazah Harry disemayamkan di rumah duka di kawasan Tangerang, Banten. Akan tetapi, jenazah Robby belum dikremasi lantaran menunggu pihak keluarga dari luar negeri datang. Sedangkan berbagai keperluan Robby disiapkan oleh rekan-rekannya di "Lenong Rumpi".

"Saat ini masih di rumah duka menunggu kedatangan keluarga, kebetulan keluarga di luar negeri semua. Saya masih urus sama teman-teman juga di sini, nanti saja bikin janji lagi," jelas Harry.

Diketahui, Robby pertama kali kena serangan stroke pada 2010 saat syuting acara TV. Namun setahun sesudahnya, bintang "Lenong Rumpi" kelahiran 4 Desember 1953 tersebut sempat muncul ke hadapan publik dengan memakai kursi roda di Jakarta Fashion & Food Festival. Ketika itu, kondisi Robby sudah sedikit pulih.

Sayangnya, kesehatan Robby menurun di 2013. Dokter mengungkap kalau kondisi Robby cukup parah hingga ia harus menjalani operasi otak. Tak cuma itu, dokter juga harus melubangi tenggorokan Robby lantaran ia sulit bernafas.

Rekan Robby, Debby Sahertian, juga membenarkan soal penyakit sahabatnya itu. 

"Kalau kena stroke-nya tuh memang sudah lama banget. Dari Oktober 2010. Jadi sudah lama sekali. Cuma kan namanya stroke tidak bisa kembali 100 persen normal. Seperti dulu. Tapi yang penting yang lainnya kayak ginjal, paru-paru, jantung, dalam kondisi yang baik. Dalam kondisi sehat," seru Debby yang dikutip dari Wow Keren.

Sebelum wafat, Robby telah membintangi sejumlah sinetron dan film terkenal. Selain "Lenong Rumpi", ia dikenal lewat aktingnya di sinetron "Kecil-Kecil Jadi Manten" dan "Oke-Oke Bos". Robby juga membintangi film layar lebar diantaranya "Laskar Pelangi" dan "Madame X".

Tags
Loading...
Loading...

Berita Terkait