Jumat, 11 Januari 2019 15:43 WITA

Jajakan Artis, Muncikari Ini Dapat Bayaran Rp62 Juta Per Orang

Editor: Abu Asyraf
Jajakan Artis, Muncikari Ini Dapat Bayaran Rp62 Juta Per Orang
Dua muncikari yang ditangkap polisi.

RAKYATKU.COM - Enak mana, menjadi artis atau muncikari? Artis dapat uang setelah merelakan kehormatannya direnggut pria hidung belang. Sementara muncikari dapat uang puluhan juta dengan sedikit pulsa atau paket data.

Dua muncikari wanita berada di balik skandal prostitusi online yang diungkap Polda Jawa Timur. Kedua wanita berinisial Tentri Novanta dan Endang Suhartini itu dikenal pemain lama. Mereka ketahuan menjajakan artis sejak 2017.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menguraikan, keduanya berbagi wilayah garapan. Endang memelihara sedikitnya 45 artis. Beberapa di antaranya papan atas.

Sementara Tentri memelihara sekitar 100 model. Beda kelas, tarifnya pun tidak sama. Artis terkenal dan cantik biasanya jauh lebih mahal dibandingkan model.

Barung mengatakan, dari bisnis haram ini, Endang mampu meraup keuntungan mencapai Rp2,8 miliar. Angka itu diketahui setelah polisi memeriksa rekening koran dia. Sementara keuntungan Tentri masih sementara ditelusuri polisi.

Artinya, bila dirata-ratakan, maka setiap artis yang menjadi "peliharaan" Endang memberi kontribusi sekitar Rp62 juta per orang. Tentu saja, angka ini tidak didapat dalam sekali kencan. Puluhan juta itu dihitung sejak 2017 lalu.

Sebagai contoh, dalam kasus Vanessa Angel yang disebut-sebut bertarif Rp80 juta. Tidak mungkin Endang mendapat uang jasa Rp68 juta. Polisi masih menelusuri uang jasa yang diperoleh muncikari itu dalam setiap kali transaksi.

Barung menambahkan keduanya berbisnis sebagai muncikari untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Apalagi belakangan diketahui jika gaya hidup mereka cukup tinggi. 

"Dia ikut ke Bali, ikut ke luar negeri juga kok. Kalau motifnya ya untuk kebutuhan ekonomi," ungkap Barung.

Dari pengakuan keduanya juga terungkap mereka hanya menawarkan artis dan model saja, tetapi tidak menawarkan dirinya sendiri. "Mereka mengatakan bahwa para artis yang meminta untuk ditawarkan kepada pelanggan," kata mantan Kabid Humas Polda Sulsel ini.